Enaknya petahana, bisa sosialisasi lebih awal

  • Whatsapp

Seibeduk, BatamEkbiz.Com —¬†Wakil Wali Kota Batam Rudi benar-benar memanfaatkan posisinya sebagai petahana untuk memuluskannya maju sebagai kandidat Calon Wali Kota Batam. Rudi bisa menyampaikan keinginannya secara luas dengan mendompleng program pemerintah daerah.
Sosialisasi dan penyerahan kartu BPJS Kesehatan untuk masyarakat se-Kecamatan Seibeduk, contohnya. Di sela-sela sambutan dan dialog dengan masyarakat, tak lupa ia menyelipkan keinginannya untuk maju sebagai Calon Wali Kota Batam di pilkada serentak.

“Saya minta izin mau maju di pilkada Wali Kota Batam Desember nanti,” katanya, kemarin.

Bacaan Lainnya

Rudi memaparkan, keinginannya maju sebagai Calon Wali Kota adalah untuk melanjutkan program yang telah dijalankan selama menjelang lima tahun kepemimpinannya bersama Wali Kota Ahmad Dahlan. Namun karena posisinya hanya sebagai Wakil Wali Kota, ia mengaku tidak memiliki wewenang penuh untuk membuat terobosan program yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. Ia menyangsikan program ke masyarakat bisa terus dilanjutkan jika masyarakat tidak mendukungnya sebagai Wali Kota.

“Apa yang telah saya programkan akan saya jalankan kalau saya terpilih jadi Wali Kota. Kalau dipercaya sebagai Wali Kota, seratus persen (kebijakan) ada di tangan saya. Apa yang bapak ibu keluhkan bisa langsung saya selesaikan. Saya orangnya tidak mau bertele-tele,” katanya.

Dugaan pemanfaatan program BPJS Kesehatan untuk kampanye terselubung ini disayangkan sejumlah elemen masyarakat. Seorang tokoh masyarakat Seibeduk Suparno mengatakan, sebagai badan publik, BPJS Kesehatan seharusnya bisa bersikap netral dan meminimalisir masuknya kepentingan politik pihak-pihak tertentu, apalagi menjelang momentum pilkada.

“Dalam kegiatan sosialisasi BPJS Kesehatan ini, seolah sudah ditumpangi kepentingan politik, menjadi sarana kampanye terselubung elit tertentu. Begitupun kawasan industri Batamindo yang dulunya selektif dari politik praktis, kini sepertinya justru memberi ruang dan kesempatan bagi calon tertentu yang akan maju di pilkada,” katanya. (R02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *