Batamkota, BatamEkbiz.Com — KNPI Kota Batam akan melaksanakan musyawarah daerah (musda) ulang untuk memilih Ketua. Musda ulang ini dilakukan karena Adi Maja, Ketua terpilih dalam musda pada Juni 2013 dianggap gagal menyusun kepengurusan bersama tim formateur.

Sekretaris Panitia Musda KNPI Batam, Oki mengatakan, musda ulang akan dilaksanakan di Hotel Pacific pada Sabtu (4/10) besok, mulai pukul 09.00. Seluruh organisasi kepemudaan di Batam yang terhimpun dalam wadah KNPI diperkirakan akan hadir dalam musda ulang tersebut.

“Sampai semalam (Rabu, 1/10) sudah 69 organisasi kepemudaan yang memastikan ikut dalam musda KNPI Batam,” ujarnya, Kamis (2/10).

Menurut Oki, musda ulang hanya akan mengagendakan pemilihan Ketua KNPI Batam. Agenda ini merupakan lanjutan, karena menganggap agenda pada Juni 2013 lalu belum selesai dan belum berhasil memilih Ketua. Dengan pemilihan ulang, diharapkan terpilih kembali ketua yang baru untuk bisa menjalankan program-program KNPI Batam ke depan.

“Dalam musda, kami hanya akan melakukan pemilihan ketua, karena ini sifatnya lanjutan,” ujarnya.

Seorang pengurus organisasi kepemudaan mengungkapkan, pelaksanaan musda ulang ini sekaligus akan mencabut jabatan Adi Maja sebagai Ketua KNPI Batam yang terpilih dalam musda Juni 2013 di Hotel PIH Batam Centre. Sebab sejak terpilih sebagai Ketua hingga 15 bulan berjalan, Adi Maja dinilai tidak mampu menyusun kepengurusan ataupun gagal menjalankan amanah organisasi. Bahkan sampai sekarang, Adi Maja dan pengurus yang telah dibentuknya tak kunjung mendapatkan SK dan belum dilantik.

“Kami menganggap musda KNPI Batam pada Juni 2013 belum berhasil memilih Ketua, sehingga harus dilakukan pemilihan ulang,” ujar seorang sumber yang enggan menyebutkan namanya.

Pengurus Garuda Muda Indonesia, Cris Topan berharap dalam musda ulang KNPI Batam, peserta dapat memilih Ketua KNPI sesuai ketentuan undang-undang nomor 40 tahun 2009. Di antaranya menyebutkan bahwa Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.

“Kami berharap KNPI Batam ke depan benar-benar dipimpin oleh pemuda dengan usia maksimal 30 tahun, bukan dipimpin oleh petua, pemuda berusia tua. Untuk itu, kami mendukung Fendi Hidayat sebagai kandidat Ketua KNPI,” ujarnya.

Menurut Topan, Fendi Hidayat merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Ketua KNPI. Selain usianya masih di bawah 30 tahun, rekam jejaknya juga relatif bersih.

Sementara dalam soal intelektual dan kepemimpinan, Fendi Hidayat tidak perlu diragukan. Sebab saat ini ia adalah dosen tetap di Universitas Batam dan beberapa periode menjabat sebagai Kepala Staff Resimen Mahasiswa (Menwa) Provinsi Kepri.

“Wawasan bela negara serta kecintaannya terhadap bangsa dan negara melekat dalam diri seorang menwa. Pemuda seperti Fendi Hidayat lah yang diperlukan oleh daerah perbatasan saat ini, memiliki kualitas intelektual dan wawasan kebangsaan yang baik,” ujarnya.

Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam, Fendi Hidayat (27) juga menginginkan batas usia menjadi pertimbangan dalam pemilihan Ketua KNPI Batam. Ini dalam rangka regenerasi dan memberikan ruang bagi mereka yang benar-benar pemuda untuk menempa diri sebagai seorang pemimpin.

“Saatnya pemuda hari ini peduli dan mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah. Pemuda hari ini harus berani dan siap memberikan solusi atas sejumlah persoalan yang dihadapi bangsa,” ujar Kepala Staf Resimen Mahasiswa Provinsi Kepri itu.

Terkait dukungan dari sejumlah organisasi kepemudaan untuk maju sebagai kandidat Ketua KNPI, Fendi mengaku siap. Tidak hanya untuk KNPI Batam, bahkan ia mengincar untuk maju dalam pemilihan Ketua KNPI Provinsi Kepri yang juga akan segera digelar.

“Sebagai pemuda, saya siap jika diminta kawan-kawan dari organisasi kepemudaan untuk membenahi kualitas sumber daya pemuda di Kepri ataupun Batam,” ujarnya.

Sementara itu Adi Maja membantah rencana penyelenggaraan musda ulang untuk memilih Ketua KNPI Batam yang baru. Menurutnya, saat ini KNPI Batam justru sedang menggesa untuk melaksanakan musyawarah provinsi (Musprov) KNPI Kepri, sebab sejak 2005 tidak ada review program kepemudaan di tingkat KNPI Kepri.

“Bersama Ketua KNPI tingkat II se-Kepri, kami mengupayakan untuk memfasilitasi Musprov KNPI Kepri pada akhir Oktober mendatang,” ujarnya.

Adi Maja, sebelumnya terpilih menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam untuk masa bakti 2013-2016. PNS Pemko Batam ini terpilih melalui Musda ke XI KNPI Kota Batam yang berlangsung di Gedung Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre, Senin (10/6) dinihari. Ia berhasil mengalahkan kandidat ketua lainnya, seperti Leo Putra, Kadarisman, dan Khoirul Rosyadi.

Profil Fendi Hidayat

Nama : Fendi Hidayat, ST, M.Kom
Usia : 27 tahun
Pendidikan : – D III Politeknik Negeri Batam
– S1 Umrah Kepri
– S2 UPI YPTK Padang

Pekerjaan : Dosen Tetap Ilmu Komputer Uniba

Riwayat Organisasi : – Kepala Staff Menwa Prov. Kepri
– Koordinator Forum Pemuda Peduli Batam
– Anggota Garuda Muda Indonesia Prov Kepri
– Anggota HMI Cab. Batam