Fenomena istri simpanan di Kota Batam

  • Whatsapp

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Gemerlapnya Batam sebagai kota metropolitan, ternyata juga menyisakan gaya hidup tersendiri. Diantaranya, maraknya istri simpanan di kalangan pejabat, ekspatriat ataupun menengah keatas lainnya di Kota Batam.

Penyuluh Badan Penasehatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Batam, Maryono mengungkapkan, saat ini terdapat 103 istri simpanan dibawah pembinaan BP4. Diluar pembinaan BP4, jumlah istri simpanan di Kota Batam diperkirakan jauh lebih besar. Istri-istri simpanan ini, ada yang tanpa sepengetahuan istri, hanya diketahui istri namun tidak untuk diketahui khalayak umum, dan ada yang terang-terangan atau diketahui khalayak umum.

Bacaan Lainnya

“Usia mereka, yang paling muda 19 tahun dan paling tua 49 tahun,” ungkap Maryono di Batam Centre, Senin (23/9/2013).

Menurut Maryono, sebagian besar dari istri simpanan tersebut tidak diketahui oleh istri pertama. Biasanya laki-laki yang memiliki istri simpanan seperti ini, adalah mereka yang tidak mendapatkan izin dari istri pertama untuk menikah lagi.

Kemudian ada juga dari istri-istri simpanan tersebut yang sepengetahuan istri pertama, namun tidak ingin diketahui publik. Ini biasanya dimiliki para oknum pejabat, baik di tingkat Pemko Batam ataupun DPRD, dan oknum TNI ataupun Polisi. Dirahasiakannya istri simpanan dari publik ini, biasanya sudah melalui perjanjian antara suami dengan istri pertama, saat suami mengajukan izin untuk menikah lagi. Sementara istri pertama, bersedia memberi restu namun tidak mau menanggung malu, karena suaminya kawin lagi.

Fenomena istri simpanan dengan sepengetahuan istri pertama, namun tidak ingin diketahui publik, juga marak dikalangan ekspatriat atau tenaga kerja asing (TKA), seperti dari Singapura atau Malaysia. Bahkan diantara istri simpanan yang dimiliki ekspatriat, adalah hasil pencarian istri-istri pertama dari negara asal mereka. Para istri pertama ekspatriat ini, bahkan rela untuk memilih wanita simpanan bagi suaminya, mencarikan tempat tinggal, hingga membayar wanita yang bersedia menjadi istri simpanan.

Bukan tanpa tujuan, kerelaan istri pertama ekspatriat yang ada di Batam yang memberikan ruang bagi suami mereka untuk memiliki istri simpanan, dilakukan agar suami dapat menjalankan pekerjaan dengan nyaman. Dan istri-istri simpanan ini juga menjadi sarana bagi istri pertama untuk membantu menjaga suami mereka. Dengan adanya istri simpanan, kehidupan ekspatriat di Batam akan semakin teratur, tidak “jajan” sembarangan, dan pakaian hingga menu makanan ada yang mengurusi.

“Menjadi istri simpanan, para wanita akan mendapatkan gaji antara Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan ditambah fasilitas dan pemenuhan kebutuhan lainnya,” ujar Maryono.

Ekspatriat yang banyak memiliki istri simpanan, adalah ekspatriat yang bekerja di perusahaan galangan kapal (shipyard). Bahkan tidak menutup kemungkinan, sistem bergilir akan diberlakukan para ekspatriat terhadap istri-istri simpanan mereka. Artinya jika istri simpanan mampu melayani dengan bagus, maka sewaktu ekspatriat tersebut pindah dan kembali ke negaranya, istri simpanan yang ditinggalkan akan menjadi istri simpanan ekspatriat pengganti. (R02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Agus Suprianto
    Branch Managar
    RZ Cab. Batam
    hp : 0812 7094 6025
    hp : 0857 6525 9032
    t : 0778 468024
    ym : gusjavaut09
    gtalk : abiagus333
    Pin : 32772ABA
    Skype: agus.rz

    Blog : http://budayaberbagi.wordpress.com/
    Blog : http://budayaberbagi.blogspot.com/
    website: http://www.rumahzakat.org

    Berqurban dengan yang Super bersama SuperQurban RZ
    SUPERQURBAN, Tepat Sasaran!!
    Qurban Anda terdistribusi dari Aceh sampai Papua
    Kambing : Rp1,800,000
    Sapi Retail : Rp2,000,000
    Sapi : Rp12,800,000

    Rumah Zakat
    non-governmental organization
    Komplek Lotus Garden Blok A No.8 Batam Centre
    Donate now!
    BCA : 094 301 6001
    Mandiri : 132000 481 9745
    BNI Syariah : 155 555 5589
    For more information please visit us at http://www.rumahzakat.org
    Any donation is deeply appreciated and we thank you for your generosity and support