Fraksi PKB Minta Pemko Batam Fasilitasi Rapid Tes Santri yang Berangkat Mondok

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kota Batam dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Aman.

Batam, BatamEkbiz.com – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, Aman, meminta Pemko Batam memfasilitasi rapid tes gratis kepada para santri yang akan kembali mondok. Banyak santri asal Kota Batam yang akan memulai aktivitas belajar seperti biasa di beberapa pondok pesantren di luar Kepri, seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Sementara itu di masa pandemi Covid-19, Batam mensyaratkan rapid tes bagi warga yang akan keluar daerah, termasuk para santri. Biaya rapid tes secara mandiri ini tergolong mahal, sekitar Rp 380 ribu sampai Rp 450 ribu. Tentunya ini sangat membebani, di tengah keterbatasan perekonomian orang tua santri.

Bacaan Lainnya

“Biaya tiket pesawat saat ini mahal, ditambah lagi rapid tes. Oleh karena itu Fraksi PKB DPRD Batam minta Pemko memfasilitasi rapid tes dengan biaya gratis bagi santri di Faskes atau Puskesmas terdekat,” kata Wakil Ketua Fraksi Partai Persatuan Kebangkitan Bangsa DPRD Kota Batam ini, Senin (15/6/2020).

Diketahui, pemerintah mulai menerapkan New Normal mulai hari ini. Penerapan New Normal ditandai dengan pembukaan aktivitas sekolah atau pesantren dan tempat kebudayaan, sektor bisnis dan industri, pasar dan mal, restoran dan tempat ibadah, hingga beroperasinya seluruh kegiatan ekonomi secara normal.

Menurut Aman, pesantren memiliki kontribusi yang sangat besar bagi pembentukan karakter dan pembelajaran nilai moral generasi bangsa. Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan keberlangsungan belajar santri.

“Fraksi PKB memandang bahwa para santri adalah calon generasi emas bangsa, calon pemimpin, dan generasi yang akan berkontribusi bagi pembangunan Batam di masa mendatang,” tutur Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam ini. (rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *