Hari Pertama Pendaftaran, Website PPDB Batam Down

  • Whatsapp
Tampilan website PPDB online Kota Batam di http://ppdb-batam.id.

Batam, BatamEkbiz.com – Besarnya alokasi anggaran pendidikan di Kota Batam tak sebanding dengan kualitas pelayanan. Hal itu terlihat di hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online pada Rabu (10/6/2020) yang terhambat. Penyebabnya sepele, website http://ppdb-batam.id tak bisa diakses.

Saat dibuka, muncul keterangan bahwa server sedang penuh pengunjung. Gangguan pada server tersebut muncul sejak pagi hingga siang ini.

Bacaan Lainnya

Sejumlah orang tua siswa mengeluhkan ketidaksiapan Pemko Batam, terutama Dinas Pendidikan (Disdik), dalam mengantisipasi lonjakan pengunjung website. Padahal PPDB secara online ini sudah beberapa kali dilakukan Batam, namun tetap saja ada gangguan terhadap kehandalan perangkat server yang digunakan.

“Saya sudah beberapa kali mencoba masuk atau mengakses website untuk mendaftarkan anak saya sekolah, tapi gangguan terus,” keluh Priatna, warga Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Seibeduk.

Priatna berencana mendaftarkan anaknya masuk SD Negeri di kawasan Pancur, Tanjungpiayu. Sesuai jadwal, pendaftaran online berlangsung dari tanggal 10 sampai 26 Juni 2020.

“Hingga siang, saya tidak bisa mengakses. Padahal jadwal pendaftaran dibatasi, khawatirnya terlambat daftar,” katanya.

Karena website tak bisa diakses, Priatna pun berinisiatif untuk datang ke sekolah yang dituju. Tapi sama saja, tak ada solusi.

“Daripada menunggu yang tidak pasti, saya akhirnya pulang lagi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Disdik Batam Hendri Aluan mengatakan bahwa PPDB tahun ini akan dilakukan secara online sepenuhnya. Pihaknya mengaku sudah menyiapkan jaringan yang cukup agar tidak down saat terjadi kepadatan kunjungan pada website akibat login serentak.

“Jadi biar tidak lelet, kami sudah siapkan jaringan yang cukup untuk melayani proses pendaftaran nanti. Kami siapkan betul server dan sistemnya. Jangan sampai ada keluhan ketika pendaftaran dibuka,” kata Hendri. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *