HMI Ibnu Sina Batam Gelar LK 1 di SMK Widya 2
LK 1 HMI Komisariat Ibnu Sina Batam di SMK Widya 2 Tiban Lama, Sabtu (30/1/2021).

BatamEkbiz.com – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ibnu Sina untuk menggelar Latihan Kader (LK) 1. Kegiatan berlangsung di SMK Widya 2 Batam di Tiban Lama, dari tanggal 28 sampai 31 Januari 2021.

Beberapa mahasiswa dari sejumlah kampus di Kota Batam antusias LK 1. Mereka perwakilan dari Universitas Ibnu Sina Batam, Politeknik Batam, dan Universitas Riau Kepulauan (Unrika).

“Hari ini merupakan hari ketiga pelaksanaan LK 1 HMI,” ujar Ketua Umum HMI Komisariat Ibnu Sina Batam, Irvandi.

Sejumlah alumni memberikan materi dalam LK 1 HMI Komisariat Ibnu Sina. Di antaranya Adri Wislawawan, Bahzomi Fuadi, Zaki Setiawan, Andriansyah, Sofyan, Fajri, dan lainnya.

LK 1 1 merupakan jenjang perkaderan formal di HMI. Setiap mahasiswa yang ingin bergabung dengan organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia ini harus mengikuti LK 1 terlebih dahulu.

Adapun tuujuan dari pelatihan kader adalah terbinanya kepribadian muslim yang memiliki kualitas akademis. Sehingga kader sadar akan fungsi dan peranannya di organisasi serta hak dan kewajibannya sebagai kader umat dan bangsa.

Pelaksanaan LK 1 kali ini berbeda, karena berlangsung di sekolah yang berada di tengah pemukiman padat Tiban Lama. Biasanya, LK 1 digelar HMI Cabang Batam di kampus-kampus yang ada di Kota Batam. Namun karena beberapa kampus masih memberlakukan belajar online, maka pelatihan kaderisasi dilaksanakan di lokasi yang lebih memungkinkan.

SMK Widya Batam sendiri sudah berdiri di Batam sejak tahun 2003 lalu. Saat ini sekolah yang digagas oleh Susi Marni tersebut sudah memiliki cabang di beberapa lokasi. Mulai dari SMK Widya 1 Batam di Jalan Prambanan, Kelurahan Sei Jodoh, Batuampar. Kemudian SMK Widya 2 Batam di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Tiban Lama, Sekupang. SMK Widya 3 Batam di Jalan Seri Beni, Komplek Wisya, Genta Belakang Batuaji. Serta SMK Widya 4 Batam di Jalan Pasar Cik Puan, Kampung Durian, Bengkong.

Program keahlian di sekolah ini meliputi perawat, farmasi, serta akuntansi. Kemudian administrasi perkantoran, akomodasi perhotelan, teknis pemesinan, serta teknik pengelasan kapal. (r)