HukumPreneur Bekali Mahasiswa Umrah Pelatihan Jurnalistik
HukumPreneur menggelar pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Maritim Raja Haji (Umrah) Tanjungpinang, Jumat (22/10/2021) malam.

BatamEkbiz.com – Lembaga Kajian dan Studi Ilmu Hukum Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), HukumPreneur membekali mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Maritim Raja Haji (Umrah) Tanjungpinang dengan pelatihan jurnalistik. Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas menulis mahasiswa ini digelar secara virtual pada Jumat (22/10/2021) malam.

Dosen Prodi Ilmu Hukum Umrah, Marnia Rani mengatakan bahwa peningkatan kapasitas menulis ini sangat penting bagi mahasiswa ilmu hukum. Sehingga mahasiswa bisa membekali diri dan bisa menjadi alternatif profesi setelah selesai di bangku kuliah.

“Banyak tokoh-tokoh penting dan berlatar belakang hukum yang lagi naik daun di berbagai media nasional. Melalui pelatihan jurnalistik ini, mahasiswa bisa ada alternatif untuk menggeluti profesi jurnalis ataupun bidang lainnya,” kata Marnia.

Pelatihan jurnalistik HukumPreneur menghadirkan dua pemateri dalam pelatihan ini. Kedua pemateri adalah Cahya Sumirat selaku Pimpinan Redaksi lihatkepri.com dan Zaki Setiawan selaku Pimpinan Redaksi batamekbiz.com dan Redaktur gokepri.com. Selain diikuti para mahasiswa ilmu hukum Umrah Tanjungpinang, kegiatan ini juga dihadiri Ketua Umum Himpunan Pengusaha Korps Alumni (HIPKA) Kepri, Susi Marni.

Dalam pemaparannya, Cahya menyampaikan materi terkait sarjana hukum dan jurnalis. Menurutnya, jebolan sarjana hukum memiliki banyak pilihan untuk memasuki dunia kerja atau menekuni profesinya.

“Khusus untuk sarjana hukum, ternyata gambaran kesuksesan itu tidak hanya melekat pada profesi pengacara atau advokat. Namun juga bisa sukses di profesi lainnya, seperti tokoh-tokoh dengan latar belakang hukum yang sukses di media-media nasional,” katanya.

Cahya juga mendorong agar mahasiswa ilmu hukum Umrah untuk melatih ketrampilannya menulis di berbagai kanal media. Bahkan, pihaknya siap untuk memberikan ruang khusus bagi mahasiswa Umrah untuk mengirimkan artikel-artikelnya.

“Kami ada kolom yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa ilmu hukum Umrah yang ingin mempublikasikan tulisan-tulisan tentang hukum,” katanya.

Baca juga: Sentra KI Tanjungpinang Fasilitasi Pendaftaran Merek Dagang UMKM

Sementara itu Zaki mendorong mahasiswa ilmu hukum Umrah untuk aktif dalam unit-unit kegiatan pers mahasiswa. Mengingat di beberapa perguruan tinggi, terutama di luar Kepri, pers mahasiswa merupakan organisasi yang hampir ada di setiap kampus. Tujuannya untuk mewadahi mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan menulis.

“Pers mahasiswa dan aktivitas ataupun gerakan mahasiswa bisa saling mempengaruhi dan mendukung, karena dipertemukan dalam fungsi yang sama, salah satunya adalah agent of social control, menjadi pengawas dan kontrol bagi kekuasaan. Kolaborasi ini akan menciptakan pengaruh cukup kuat bagi gerakan dan gagasan-gagasan mahasiswa,” katanya. (mad)