Hutan Mangrove Kampung Terih, Wisata Alam di Tepi Pantai Batam
Hutan Mangrove Kampung Terih, Wisata Alam di Tepi Pantai Batam

BatamEkbiz.com – Mengunjungi destinasi wisata alam sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Batam. Tidak mengherankan jika tempat-tempat wisata seperti hutan mangrove mulai banyak kunjungan di masa kehidupan normal baru (New Normal) pandemi Covid-19.

Salah satunya terlihat di hutan mangrove tepi pantai Kampung Terih, Kampung Tua Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Di sini kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi di antara rerimbunan pohon mangrove di tepi pantai. Kawasan ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi warga Batam untuk rehat sejenak, mengusir jenuh di tengah rutinitas kerja.

Di Kampung Terih, kamu tidak hanya menikmati pemandangan rumah-rumah warga dan pasang surut air di tepian pantai. Namun juga bisa menyusuri rerimbunan hutan-hutan bakau yang tumbuh lebat di sepanjang pantai.

Kamu juga dapat melihat tatanan gedung-gedung pemerintahan Kota Batam di Batam Centre dan bangunan-bangunan menjulang di seberang lautan. Atau menikmati beragam menu kuliner khas Melayu, racikan warga setempat.

Spot-spot foto yang instagramable juga ada di Kampung Terih. Lengkap dengan warna-warni payung yang tergantung di antara pepohonan, pondok-pondok kayu tempat bersantai bagi pengunjung, aula untuk pertemuan, dan pelantar atau dermaga dari kayu.

Sampan-sampan kecil tertambat di pelantar kayu ini. Kamu bisa menyewanya untuk menyusuri kawasan hutan bakau dan menikmati sensasi ombak pantai.

Air lautnya jernih. Anak-anak bisa mandi, bermain pasir, atau mencari kerang dan menangkap ikan-ikan kecil di sekitar pelantar.

Baca juga: Kunjungi, Wisata Mangrove Kampung Bugis Tanjungpinang

Diluncurkan sejak 10 Desember 2017, kini Desa Wisata Kampung Terih sudah menjadi destinasi wisata digital ke-7 dari 30 destinasi di Indonesia. Kampung Terih juga mendapat Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2018 sebagai tujuan wisata baru terpopuler di Kota Batam. (re)