Idul Fitri 24 Mei, Muslim Batam Diingatkan Bayar Zakat

  • Whatsapp

Batam, BatamEkbiz.com – Sidang Isbat Kementerian Agama hari ini, Jumat (22/5/2020), menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Bagi umat Islam di Kota Batam, masih ada kesempatan untuk menunaikan zakat fitrah.

Kasi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Dirham mengatakan, di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pihaknya memberikan kemudahan dalam pembayaran zakat. Pembayaran bisa dilakukan secara online, tanpa harus tatap muka.

Bacaan Lainnya

“Kemenag Batam memiliki QRIS UPZ KEMENAG BATAM kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM),” ujarnya.

Caranya cukup mudah. Yakni dengan membuka aplikasi BSM Mobile lalu klik menu QRIS. Lakukan pemindaian ke QRIS KEMENAG BATAM.

“Pastikan jumlah transfer dan tujuannya benar,” kata Dirham mengingatkan.

Ramadan tahun ini digenapkan atau disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal). Sebab hasil sidang isbat menyatakan bahwa hilal atau penentu datangnya bulan baru penanggalan hijriah belum tampak.

Dua cara adalah hisab dengan perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal. Kedua metode itu dinilai saling melengkapi.

“Ketinggian hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk,” kata Menteri Agama Fachrul Razi di Kementerian Agama di Jakarta usai memimpin sidang Isbat. “Dari 80 titik tidak melihat hilal.”

Untuk memantau kedatangan bulan baru, Kemenag mengerahkan petugas yang telah diambil sumpahnya untuk memantau hilal. Tercatat ada 80 titik pengamatan hilal di 34 provinsi.

Salah satu organisasi masyarakat (ormas) Islam besar di Indonesia, Muhammadiyah sudah memutuskan lebih dulu bahwa lebaran jatuh pada Minggu (24/5). Penetapan ini berdasarkan Ketetapan itu diambil berdasarkan hasil hilal hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *