Imam Masjid Istiqlal: Ke Masjid Itu Sunnah, Menjaga Keselamatan Diri dan Keluarga Itu Wajib

  • Whatsapp

Jakarta, BatamEkbiz.com – Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar mengingatkan tanggung jawab untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga. Hal itu disampaikan saat memberikan tausiah dalam lebaran virtual pada Minggu (24/5/2020).

“Sesuai fatwa Majelis Ulama, ke masjid itu sunnah, sementara menjaga keselamatan diri dan keluarga itu wajib,” ujarnya saat lebaran dan silaturahim virtual bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Bacaan Lainnya

KH Nasaruddin menyebutkan bahwa silaturahim secara virtual oleh Kominfo ini mungkin merupakan yang pertama sepanjang dunia. Sebab tidak pernah ada orang yang melakukan silaturahim secara virtual seperti ini. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Sebagaimana ditetapkan pemerintah, pekerjaan rumah kita semua untuk mengikuti protokol kesehatan. Hal itu juga mengikuti fatwa Majelis Ulama,” ujarnya mengingatkan.

KH Nasarudin Umar mengajak untuk menerapkan Islam yang membawa kedamaian. Hal itu salah satunya bisa dilakukan dengan tidak selalu mempertentangkan setiap kejadian atau setiap hal dalam keseharian.

“Dan saya mengingatkan agar tidak membandingkan atau encounters antara ke masjid dan pasar atau mall. Islam yang benar selalu mempertemukan, tidak saling mempertentangkan. Misalnya Bapak Presiden kita mengatakan berdamailah dengan virus itu, tidak perlu dipertentangkan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Imam Besar Masjid Istiqlal mengajak untuk membagi energi positif yang sangat dibutuhkan di tengah upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Kalau kita berbagi energi negatif maka itu bukan silaturahim. Silaturahmi itu bahasa Arab cinta jadi berbagi cinta. Bukan hanya bersilaturahim sesama umat manusia, apalagi bagi umat Islam ukhuwah islamiyah adalah yang paling tinggi,” paparnya. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *