Imunisasi di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Bulan imunisasi anak sekolah batam
Siswa SD Negeri 008 Sungai Beduk, Kota Batam mendapatkan imunisasi di sekolah, Rabu (18/11/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Pemandangan berbeda terlihat di SD Negeri 008 Sungai Beduk, Kota Batam, Rabu (18/11/2020) pagi. Puluhan murid terlihat berbaris di depan kelas masing-masing untuk imunisasi. Padahal biasanya, tak satupun murid datang ke sekolah, karena masih menjalani pembelajaran secara online.

“Siapa namanya?” tanya seorang guru sambil memegang absen nama-nama murid.

Bacaan Lainnya

“Evan Maulana,” jawab murid tersebut.

Evan adalah seorang murid kelas 1C di sekolah yang berdampingan dengan SMP Negeri 40 Batam tersebut. Ia berbaris bersama beberapa teman sekelasnya, menunggu giliran suntik imunisasi.

Pagi itu merupakan hari pertama bagi murid kelas 1 di SD Negeri tersebut bertemu dengan teman-teman sekelasnya di sekolah. Sejak menjadi murid baru di sekolah itu mulai Juli 2020, mereka tak pernah belajar tatap muka di sekolah. Pandemi Covid-19 menyebabkan para murid menjalani pembelajaran secara online. Bahkan, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) juga mereka jalani secara online atau virtual.

Di tengah kerinduan masuk sekolah untuk pertama kalinya, sempat terpancar kecemasan di raut wajah anak-anak. Karena harus berhadapan dengan jarum suntik.

Namun kecemasan itu berangsur sirna. Setelah guru menghibur dengan musik dan mengalihkan perhatian anak-anak agar tidak melihat jarum suntik.

“Wah,,, hebat-hebat semua anak-anak ibu ini ya, pada kuat-kuat semua. Ayo sambil menyanyi ya bersama,” ajak seorang guru yang berupaya menepis kecemasan anak-anak.