Inovasi Antarkan Bupati Bintan Raih Anugerah Pandu Negeri 2017

  • Whatsapp

BINTAN – Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) memberikan penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 kepada 50 daerah yang dinilai berprestasi di Indonesia. Ketua IIPG Sigit Pramono menjelaskan bahwa penghargaan yang diberi nama “Anugerah Pandu Negeri” yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 ini sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang bekerja dengan terobosan-terobosan yang dilakukan dengan inovasi, serta penilaian dengan aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, dan juga anti korupsi.

Ditambahkannya juga bahwa Tim Penilai merupakan Tim Independen yang menyaring dari 538 daerah di Indonesia dan dilakukan pertama kali berdasarkan survei lapangan dan data-data dimana laporan keuangan daerah, penetapan APBD yang tepat waktu hingga inovasi-inovasi yang dilakukan Kepala Daerah bagi kemajuan daerahnya. Dari jumlah 538 daerah itu terdapat 200 daerah lolos saringan, yang kemudian disaring kembali menjadi 50 daerah yang pantas menerima penghargaan.

Bacaan Lainnya

“Penilaian ini dilakukan berdasarkan inovasi kemajuan bagi daerah dengan persentase penilaian inovasi 35%, Tata Kelola Pemerintahan 30%, SDM 20% dan pertumbuhan Ekonomi 15% ” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahyo Kumolo mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk dukungan atas sistem yang ada. Hal ini juga menjadi sesuatu yang bermakna dalam mendukung reformasi birokrasi di era Presiden Joko Widodo. Utamanya memberikan inovasi yang berguna bagi kemajuan daerah.

“Inovasi merupakan langkah terbaik bagi perkembangan daerah. Daerah yang maju memang harus mempunyai inovasi, utamanya bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Anugerah Pandu Negeri ini juga menjadi nilai tambah bagi pemimpin daerah dengan sistem pemilihan kepala daerah serentak, dan terbukti dengan kinerja dan tata kelola keuangan yang baik. Semoga penerima penghargaan bisa terus meningkatkan kinerjanya dan menjadi pemimpin di tingkat nasional. Dengan demikian akan memperkaya sumber calon pemimpin untuk regenerasi kepemimpinan nasional, khususnya yang berasal dari pemimpin daerah yang berprestasi ” ujarnya saat agenda kegiatan Anugerah Pandu Negeri 2017, Jumat 10 November 2017 di Financial Graha CIMB NIAGA, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi yang menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 dari mantan Wakil Presiden Boediono didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada IIPG ( Indonesian Institute for Public Governance ) atas penghargaan tersebut. Dirinya juga mengungkapkan rasa keterkejutannya ketika diinformasikan pertama kali bahwasanya dirinya masuk dalam nominasi peraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017.

Apalagi dengan melihat nama-nama dalam daftar Tim Penilai dan Dewan Juri yang merupakan orang-orang dengan curiculum vitae yang sangat mengagumkan. Sebut saja, Djisman S Simanjuntak yang yang merupakan salah satu Anggota Dewan Ekonomi Nasional (KEN) Indonesia, Sidharta Utama yang merupakan seorang Profesor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Indonesia, Chandra M Hamzah seorang ahli hukum dan mantan Komisioner Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Harkristuti Harkrisnowo yang merupakan Anggota Panitia Kerja RUU Terorisme Pemerintah-DPR, serta Business Director Tempo Yostinus Tommy Aryanto.

“Tentunya kita sangat mengapresiasi atas penghargaan ini, tak disangka bahwa banyak orang yang melihat atas kinerja pemerintah daerah yang ingin selalu mengedepankan kepentingan masyarakat Bintan. Penghargaan ini juga kita berikan bagi semua unsur lapisan masyarakat Bintan yang telah ikut serta membantu memberikan ide-ide, kreativitas, dan sumbangsih pemikiran bagi mensukseskan semua program-program pemerintah daerah. Pemkab Bintan juga berkomitment untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujarnya. (bow)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *