Irwansyah Ajak Warga Budidaya Lele dan Sayur di Halaman Rumah

  • Whatsapp
Anggota DPRD Provinsi Kepri Irwansyah (baju putih lengan panjang) saat berdialog dengan para warga di Kecamatan Batuaji, Kota Batam, beberapa waktu lalu.

Batam, batamekbiz.com – Halaman rumah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan keluarga. Bagi keluarga yang kreatif, halaman rumah yang selama ini kosong dan hanya jadi tempat parkir motor, bisa disulap menjadi tempat budidaya lele atau ikan tawar dan sayuran sekaligus.

Potensi budidaya lele atau ikan tawar dan sayuran di halaman rumah ini diungkapkan Anggota DPRD Provinsi Kepri Irwansyah saat berdialog dengan emak-emak kader posyandu di Kelurahan Tiban Lama, Sekupang, kemarin. Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengajak kader posyandu menciptakan kebun pangan sendiri di halaman rumah.

Bacaan Lainnya

“Ayo kita buat untuk percontohan. Kalau berhasil, bisa dibuat di rumah masing-masing,” ajak Irwansyah.

Tidak hanya memaparkan potensi untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga dengan budidaya, Irwansyah juga menawarkan bantuan permodalan dari kantongnya sendiri. Bantuan permodalan ini diberikan kepada emak-emak yang ingin membuat percontohan budidaya lele atau ikan tawar sekaligus sayuran di halaman rumah.

“Untuk percontohan ini, saya akan bantu modalnya,” kata Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Provinsi Kepri ini.

Jika percontohan tersebut berhasil, Irwansyah pun bersedia membeli hasil panen budidaya lele atau ikan tawar warga. “Kita makan siang bersama dengan pecel lele ya,” kelakarnya disambut tawa emak-emak.

Budidaya lele sekaligus sayuran dengan memanfaatkan ember di halaman rumah.

Budidaya lele atau ikan tawar dan sayuran di halaman rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan ember-ember bekas ukuran sedang yang selama ini tak terpakai. Dalam ember-ember tersebut, bisa dimasukkan bibit ikan lele atau ikan tawar sebanyak 30 ekor per ember. Kemudian di bagian atas ember bisa dipadukan dengan tanaman hidroponik, seperti kangkung.

Hasil budidaya bisa untuk dikonsumsi secara pribadi ataupun dijual. Cara budidayanya mudah dan hasilnya lumayan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Potensi budidaya lele dan sayur di halaman rumah ini sangat menarik para emak-emak kader posyandu di Kelurahan Tiban Lama. Beberapa di antaranya siap untuk mencoba melakukan budidaya.

“InsyaAllah bolehlah dicoba. Terima kasih ilmunya Pak,” kata Eva, salah seorang kader posyandu. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *