Irwansyah Resmikan Toko Sembako Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam
Anggota DPRD Provinsi Kepri, Irwansyah meresmikan Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam, Rabu (3/2/2021).

BatamEkbiz.com – Anggota DPRD Provinsi Kepri, Irwansyah, meresmikan Toko Sembako Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam. Peresmian toko sembako ini berlangsung di Ruko Cipta Diamond Nomor 11 Sagulung, Kota Batam, Rabu (3/2/2021).

Prosesi peresmian Toko Sembako Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam ditandai dengan pemotongan pita oleh Irwansyah. Ratusan ibu-ibu posyandu menyambut antusias kehadiran koperasi yang menyediakan kebutuhan bahan-bahan pokok tersebut.

Irwansyah mengajak kader Posyandu Sagulung dan sekitarnya untuk masuk sebagai anggota koperasi. Karena banyak manfaat yang akan didapatkan oleh anggota dengan menjadi anggota koperasi.

“Saya mengimbau, mengajak semua, masuklah sebagai anggota koperasi. Sebab terdapat banyak manfaat daripada kehadiran ibu-ibu dan kebersamaan ibu-ibu dalam koperasi. Sekali bergabung, banyak kemudahan,” ujar Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Toko Sembako Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat dan anggotanya. Mulai dari beras premium, minyak goreng, gula pasir, telur, dan lainnya dijual dengan harga lebih murah.

Baca juga: 2.000-an Koperasi di Kepri, 90 Persen Tidak Aktif

Selain menyediakan dan menjual kebutuhan sehari-hari, keberadaan koperasi dengan anggota pertama 32 orang ini juga untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas ekonomi keluarga para anggotanya. Sebab keuntungan koperasi akan digunakan untuk kesejahteraan bersama.

“Tidak hanya menyediakan kebutuhan pokok saja, nantinya kita akan terus kembangkan koperasi ini dengan menyediakan kebutuhan lainnya,” kata Irwansyah.

Ketua Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam, Rika Aprilia, menyampaikan terima kasih kepada Irwansyah atas dukungan penuh dalam pendirian koperasi ini. Dukungan itu salah satunya berupa dana awal yang digunakan untuk mengurus pendirian koperasi, membeli beras, minyak, gula, dan kebutuhan lainnya.

“Atas nama pengurus koperasi kami menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh Bapak Irwansyah dalam pembentukan koperasi ini,” ujarnya.

Menurut Rika, tujuan pendirian koperasi ini adalah untuk memaksimalkan potensi sumber daya kader posyandu. Serta untuk meningkatkan kemampuan ekonomi kaum perempuan, terutama kader posyandu.

“Bagi anggota koperasi yang punya produk UKM, tidak perlu ribet lagi untuk menjualnya. Karena kita sudah siapkan tokonya melalui koperasi ini,” sebutnya.

Irwansyah meresmikan Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam
Irwansyah berfoto bersama kader Posyandu usai meresmikan Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam, Rabu (3/2/2021).

Cris Topan, Sekretaris Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam yang juga General Manager Koperasi, menerangkan antusias kader posyandu untuk bergabung di koperasi. Awalnya, koperasi ini hanya didirikan oleh 32 orang saja. Namun saat ini yang bergabung sudah mencapai 70 orang dan kemungkinan akan terus bertambah banyak lagi.

“Sebab yang datang pada peresmian Toko Sembako Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam baru dari perwakilan posyandu di 3 kecamatan saja. Belum semua hadir, karena hari ini banyak yang sudah aktif kembali layanan posyandunya, setelah sekian lama libur akibat wabah Covid-19,” ujarnya.

Topan menargetkan semua kader posyandu di empat kecamatan yang selama ini menjadi ladang binaan Irwansyah bisa ikut bergabung dalam koperasi. Pihaknya juga membuka peluang bagi siapapun untuk ikut bergabung.

“Semoga setelah acara peresmian, lebih banyak kader Posyandu yang bergabung. Sehingga kita bisa bersama-sama bergerak memberikan kontribusi melakukan perbaikan ekonomi Batam melalui koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam,” katanya.

Berikut susunan pengelola Koperasi Konsumen Posyandu Madani Batam.

PENGAWAS

  • KOORDINATOR : DR. H. IRWANSYAH, SE., MM
  • ANGGOTA : SARMAIDA
  • ANGGOTA : MUJIATUN

PENGURUS

  • KETUA : RIKA APRILIA
  • WAKIL KETUA 1 : SRI HARTINI
  • WAKIL KETUA 2 : DEWI KARTIKAWATI
  • WAKIL KETUA 3 : RENI MARIANI
  • WAKIL KETUA 4 : NURHAYATI
  • SEKRETARIS : CRIS TOPAN
  • BENDAHARA : INSIYAH