Jaket Biru Sandiaga dan Optimisme Pemulihan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno dan jaket birunya.

Jakarta, BatamEkbiz.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis dapat mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif lewat filosofi jaket biru. Ia kembali mengenakan jaket biru itu saat diskusi virtual bersama Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia, Sabtu (26/12/2020).

Menparekraf Sandiaga menegaskan sudah tidak memiliki lagi rasa pesimisme. Ia mengaku sudah menanggalkan rasa pesimisme tersebut sejak dahulu.

“Urat pesimis saya sudah putus. Saya optimistis sekali dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kerja sama semua pihak. Rasa optimisme itu saya perlihatkan dengan jaket biru yang saya kenakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (jokowi) memperkenalkan enam menteri barunya di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12/2020). Keenam menteri baru itu menggunakan jaket biru polos bertutup kepala.

Menurut Sandiaga, jaket biru ini adalah simbol kerja keras, kerja cepat, serta integritas. Dan ini bentuknya jaket yang all weather, anti air atau basah, cocok untuk segala kondisi.

“Jadi kita tetap bisa bekerja dalam situasi apapun juga. Siap memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Menparekraf Sandiaga sembari menunjukkan jaket birunya.

Terkait jaket birunya, Sandiaga menantang pemerintah daerah untuk menciptakan jaket sejenis. Hanya saja, jaket yang harus mencerminkan ciri khas daerah yang bertujuan dapat menggerakkan ekonomi kreatif lokal di masa depan.

“Saya menantang tiap-tiap daerah membuat jaket seperti ini, sesuai dengan ciri khas daerahnya. Jadi membangkitkan ekonomi lokal yang terpuruk saat ini,” kata Sandiaga.

Baca juga: Pulau Pengalap Diusulkan Jadi KEK Pariwisata

Mengenai birokrasi, Sandiaga menegaskan perlunya kerjasama seluruh pihak. Ia mengingatkan agar tidak ada lagi ego sektoral atau birokrasi berbelit.

“Saya trenyuh sekali jutaan masyarakat telah kehilangan pekerjaan. Kita harus membangun bangsa dan negara, khususnya membangun pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya. (re)