Janji Sang Nakhoda di Periode Kedua
Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar resepsi pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Senin (15/3/2021) malam.

BatamEkbiz.com – Resmi sudah Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad memulai jabatannya sebagai Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam di periode kedua, 2021-2024. Hal itu ditandai dengan pelantikan keduanya oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Gedung Daerah Kepri Tanjungpinang, Senin (15/3/2021) pagi.

Beberapa komitmen diucapkan Rudi, untuk meneruskan pembangunan berkelanjutan di Batam. Pembangunan ini akan ditingkatkan di periode kedua yang masanya lebih kurang 3,5 tahun.

“Infrastruktur kelurahan akan kami teruskan melalui program PIK. Kemudian jalan utama untuk kepentingan masyarakat, investasi dan pariwisata,” janjinya.

Rudi membeberkan, pembangunan infrastruktur tidak melupakan kewajiban umum kepada masyarakat. Selain itu pembangunan fisik maupun non fisik dilakukan tidak hanya di maindland (pulau utama), namun juga di hinterland (pulau penyangga).

“Kini kita berharap mudahan-mudahan Covid cepat selesai, sehingga pembangunan tidak terkendala,” imbuhnya.

Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam mengatakan, melalui BP Batam ada tiga hal utama yang akan dikerjakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam. Di antaranya pengembangan Pelabuhan Batuampar, Bandara Hang Nadim, serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan RSBP Batam.

“Pelabuhan Batuampar menjadi target utama, sehingga membangkitkan ekonomi Batam. Bandara ke depan tidak lagi berfungsi tunggal, akan ada kargo. Lalu RSBP akan menjadi rumah sakit berstandar internasional,” ungkapnya.

Menanggapi janji Sang Nakhoda Batam di periode keduanya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta Rudi dan Amsakar segera bekerja. “Tentunya janji-janji tersebut harus diwujudkan dan menjadi daya pacu semangat guna menjawab permasalahan dan isu-isu di daerah,” katanya.

Ansar juga mengingatkan tugas kepala daerah dalam penanganan Covid-19. Di antaranya terus semangat dan bekerja keras dalam menekan penyebaran Covid-19 melalui penguatan kapasitas tracking testing dan treatment serta melaksanakan protokol kesehatan secara sungguh-sungguh.

Kemudian mendukung pelaksanaan program vaksinasi dengan memastikan pelaksanaannya tepat waktu. Selanjutnya pemulihan ekonomi dengan menggerakkan seluruh sumber daya yang tersedia.

Baca juga: Milad ke-74 HMI, Walikota Ajak Kader HMI Bangun Batam

“Di Batam, Wali Kota juga sebagai ex officio kepala BP Batam. Saya berharap dua mesin ini dapat dioptimalkan,” katanya. (re)