Jayakan Petani, BNI Luncurkan Kartu Petani
Peluncuran Kartu Petani Berjaya dan aplikasi digita oleh BNI di Lampung, Selasa (6/10/2020).

Lampung, BatamEkbiz.com – Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) meluncurkan Kartu Petani Berjaya di Bandar Lampung, Selasa (6/10/2020). Peluncuran kartu ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Kartu Petani Berjaya bisa dimanfaatkan petani untuk mendukung aktivitas pertanian secara digital. Mulai dari transaksi pembelian, penjualan, serta pengajuan pembiayaan ke lembaga keuangan.

Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI, Bambang Setyatmojo mengatakan, selain sebagai media alokasi pupuk subsisi, Kartu Petani Berjaya juga merupakan alat bagi BNI untuk mendukung pencapaian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dengan database yang ada, tentunya akan memudahkan eksekusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani di lapangan.

“Kini, dengan inovasi teknologi BNI Move, perseroan hadir semakin dekat untuk mendukung petani nusantara dalam memperoleh pinjaman secara mudah dan murah. BNI telah menyiapkan aplikasi dan sistem berbasis digital agar petani mendapatkan layanan yang optimal melalui BNI Move,” katanya.

Dalam peluncuran kartu tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara BNI dengan Pemprov Lampung. Penandatanganan ini juga disaksikan Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo dan petani desa.

Menteri Yasin dalam sambutannya mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan subsidi pupuk, menyiapkan infrastruktur bantuan, hingga permodalan. Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan tetap tumbuh melewati pandemi, bahkan berkontribusi dalam ekspor.

“Dukungan yang diberikan pemerintah, baik subsidi pupuk, bantuan, hingga permodalan dapat digunakan sebaik mungkin agar produktivitas dan kesejahteraan petani meningkat,” katanya. (re)