Jejak BJ Habibie di Masjid Nurul Islam Batamindo
Masjid Nurul Islam Batamindo, Mukakuning, Batam

BatamEkbiz.com – Jejak Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, tercatat dalam Masjid Nurul Islam yang berada di kawasan industri Batamindo, Mukakuning, Kota Batam. Tanda tangan BJ Habibie terpampang pada salah satu dinding depan masjid yang diresmikan pada tanggal 26 Oktober 1991 ini.

Masjid beratapkan warna hijau ini memiliki luas bangunan sekitar 400 meter persegi dengan kubah besar di bagian tengah. Di kawasan industri terbesar di Kota Batam ini, Masjid Nurul Islam menjadi pusat kegiatan ibadah dan dakwah para karyawan.

Banyak dari mereka belajar membaca Al-Qur’an, fiqih, shalawat, ikut pengajian, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Terdapat juga gerakan sosial melalui Dana Sosial Nurul Islam (DSNI) Amanah bagi mereka yang membutuhkan.

Program DSNI menyasar bantuan kebutuhan hidup untuk fakir miskin, bantuan pendidikan, sewa rumah, antar jemput anak sekolah, hingga penempatan da’i di pulau-pulau terpencil. Selain DSNI Amanah, terdapat juga BMT Nurul Islam, NI’Mart, Café, Salon Muslimah, Radio RGFM, serta Lembaga Pendidikan Nurul Islam (LPNI).

Baca juga: Masjid Jabal Arafah, Ikon Wisata Religi di Kota Batam

Menambah keasrian, beberapa jenis pohon dan taman tumbuh subur di lingkungan masjid. Salah satunya adalah Bunga Sakura, bunga khas negeri Matahari Terbit atau bunga nasional negara Jepang yang mekar pada musim semi. (re)