Joe Biden Presiden, Trump Belum Menyerah

  • Whatsapp
Joe Biden Presiden
Joe Biden menyudahi pertarungan sengit dalam penghitungan suara melawan Donald Trump.

“Pemilu belum selesai. Proyeksi Joe Biden sebagai pemenang masih jauh dari final,” kata penasihat umum kampanye Trump, Matt Morgan dalam pernyataannya.

Baca juga: Kurang 6 Suara Lagi, Joe Biden Menangi Pilpres AS

Bacaan Lainnya

Trump masih memimpin di Alaskan dan North Carolina. Morgan menyebut ada banyak pelanggaran di Pennsylvania. Ia mengklaim petugas Pemilu sempat mencegah saksi dari pihak Trump untuk memiliki akses mengawasi lokasi penghitungan suara.

Suara elektoral menentukan pemilihan presiden AS, dengan masing-masing negara bagian memiliki jumlah elektoral tersendiri. Jumlah elektoral ini berdasarkan jumlah penduduk, bukan dari suara pemilih langsung. Calon yang mendapatkan suara terbanyak di satu negara bagian, maka suara elektoral menjadi haknya.

Sementara sebuah laporan menyampaikan bahwa pasukan pengamanan presiden mengirim agen tambahan untuk melindungi Joe Biden. Pengamanan ekstra itu untuk mengantisipasi kemungkinan Biden menyampaikan pidato kemenangannya dalam pemilu. Pasukan pengamanan itu menugaskan agen tambahan ke Wilmington, markas kampanye Biden. (re)