Jokowi Pakai Motor Retro Kawasaki W175 Jajal Sirkuit Mandalika
Presiden Jokowi pakai motor kustom Kawasaki saat menjajal sirkuit Mandalika.

BatamEkbiz.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap memakai motor kustom karya sejumlah bengkel dalam negeri. Salah satunya adalah motor retro Kawasaki W175 saat menjajal sirkuit Mandalika.

Motor berkelir hijau tersebut buatan bengkel kustom asal Tangerang, Katros Garage. Jokowi menggunakan motor ini pertama kali pada tahun 2018 dan sering terlihat di beberapa kunjungan kerjanya.

Motor kustom yang memiliki tampilan unik dengan dominasi warna hijau tersebut diketahui semakin menarik perhatian karena bagian depannya yang mencolok lewat desain half fairing khas cafe racer yang memiliki desain membulat.

Melansir Antara, diketahui bahwa kendaraan tersebut pada dasarnya memodifikasi sasis dari motor retro berjenis Kawasaki W175 yang memiliki spesifikasi bawaan berupa mesin berjenis 4-stroke, SOHC, 1 cylinder, dan air-cooled, dengan kapasitas volume silinder mencapai 177 cc.

Motor yang di pasaran saat ini memiliki banderol dengan harga sekitar Rp30 jutaan. Soal tenaga, motor ini memiliki tenaga maksimum mencapai 9,6 kW/7.500 rpm, dengan torsi maksimum 13,2 Nm/6.000 rpm.

Sempat beberapa kali mengalami modifikasi sesuai permintaan sejak pembelian pertama. Berdasarkan tampilan terakhirnya saat di Mandalika, perubahan paling mencolok yaitu bagian depannya. Yakni menggunakan wajah half fairing khas cafe racer.

Pemilik bengkel kustom sekaligus sosok yang mengubah tampilan motor, Andi Akbar – akrab dengan sebutan Atenx, menjelaskan tampilan baru motor tersebut. Menurutnya, kali ini terbilang cukup unik, karena menggabungkan dua konsep yakni Cafe Racer dan Chopper. Sehingga ia menyebut motor tersebut dengan sebutan ‘Chopper Racer’ yang kebetulan sedang populer di kalangan kustom otomotif tanah air.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Motor Online di Samsat Kepri

Tidak hanya mengubah tampilan depannya yang memiliki wajah membulat, Atenx juga mengubah bagian belakang motor tersebut. Dengan tambahan buntut tawon dan cover pada bagian bawah mesin guna mempertegas kesan classic racing style.

Sementara itu untuk ubahan baru lainnya yang paling mencolok terdapat pada bagian grip gas. Bagian ini memiliki desain tampilan berupa ukiran batik keris, anyaman bambu, dan peta Indonesia. Desian tersebut bernama Indonesia Satu oleh Katros Garage yang dalam proses pembuatannya berkolaborasi dengan Hayaidesu Indonesia. (re)