Kawal NKRI, TNI-Polri Harus Sinergi

  • Whatsapp

Nongsa, BatamEkbiz.Com — Tantangan Indonesia ke depan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Kebhinekaan semakin besar, seiring banyaknya sumberdaya yang dimiliki. Negara yang punya sumberdaya besar seperti Indonesia saat ini menjadi incaran bangsa lain yang ingin menguasai sumber itu.

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri mengatakan, tantangan ke depan bagi TNI-Polri untuk mempertahankan NKRI semakin besar. TNI-Polri masih kekuatan utama pemersatu bangsa, sehingga banyak pihak yang ingin menghancurkan dan mengadudomba.

Bacaan Lainnya

Banyak pihak yang ingin memanfaatkan TNI dan Polri selaku tonggak utama untuk menjaga keutuhan NKRI demi kepentingan politik dan bisnis tertentu. Menghadapi ancaman tersebut, ia meminta seluruh anggota TNI dan Polri untuk meningkatkan sinergitas, solidaritas, sehingga tidak mudah diadudomba pihak tertentu dengan tujuan menghancurkan NKRI.

“Jadi harus dipahami bersama karena TNI-Polri masih sangat diharapkan dalam mengawal NKRI. Tidak ada kata lain, selain meningkatkan sinergitas antar lembaga meskipun saat ini sudah terjalin baik,” kata Cucu saat silaturahmi TNI-Polri dalam rangka Meningkatkan Soliditas Polri dan TNI dalam rangka Mengantisipasi Radikalisme, Premanisme, serta Menjaga Kebhinekaan Guna Keutuhan NKRI di Mapolda Kepri, Batam, Senin 8 Mei 2017.

Menurut Cucu, pertumbuhan penduduk dunia yang pesat membuat semua negara berlomba-lomba memperoleh sumberdaya untuk kehidupan. Sementara negara yang memiliki sumber daya mencukupi adalah yang berada pada kawasan ekuator, termasuk Indonesia.

Pada 2015 jumlah penduduk dunia sudah sekitar delapan miliar. Setiap tahun pertumbuhannya semakin besar dan pada 2045 diperkirakan mencapai 12 miliar.

“Semua butuh makan, sementara sumber daya yang ada sebagian besar hanya pada negara kawasan ekuator seperti Indonesia. Itu tanangan besar untuk mempertahankan NKRI,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian meminta seluruh kepala kesatuan mensosialisasikan mengenai sinergitas demi menjaga Kebhinekaan dan NKRI dengan benar agar tdak terjadi perselisihan.

“Sinergitas TNI-Polri saat ini sudah sangat baik. Meskipun demikian harus terus ditingkatkan mengingat tantangan semakin besar,” katanya.

Kapolda meminta seluruh kepala kesatuan agar memberikan pemahaman lebih mengenai pentingnya menjaga NKRI dan Kebhinekaan sehingga tidak mudak diadudomba dengan pihak-pihak lain yang tidak ingin negara ini utuh.
Ia mengatakan, wilayah Kepri yang berbatasan dengan sejumlah negara juga rawan menjadi sasaran adudomba yang pada akhirnya merugikan Bangsa Indonesia. (R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *