Kemendikbud Beri Pelatihan Kewirausahaan Warga Kurang Mampu

  • Whatsapp

Jakarta, BatamEkbiz.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi memberikan program pendidikan kecakapan kerja (PKK) dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) bagi warga beriusia 15 sampai 30 tahun. Program ini diprioritaskan bagi warga kurang mampu serta mereka yang putus sekolah, sedang menganggur, atau tengah mengikuti program belajar Paket C.

“Program ini ditujukan untuk mendidik dan melatih warga dengan keterampilan yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Khusus untuk program PKW, ditargetkan mampu menyasar 16.676 orang yang dikelola oleh penyelenggara program yang telah ditetapkan. Melalui program ini, setiap peserta didik dialokasikan dana sebesar Rp6 juta dari DIPA Tahun 2020.

Peserta yang ikut dalam program PKW akan diberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan pola pikir berwirausaha melalui kursus dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, mereka juga akan diberikan motivasi untuk bisa menciptakan rintisan usaha baru serta pendampingan untuk dapat berkembang dan mampu bermitra dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Wikan menambahkan, peserta program pelatihan tersebut akan mendapatkan sertifikasi. Ada empat sektor prioritas dalam PKK, yakni mesin dan konstruksi, ekonomi kreatif, keramahan, dan layanan perawatan.

“Sedangkan PKW fokus pada pendidikan kursus dan pelatihan,” ujarnya.

Warga yang ingin menjadi peserta program pelatihan Kemendikbud bisa mengakses laman resmi Direktorat Kursus dan Pelatihanuntuk mendapatkan informasi mengenai program dan tata cara pendaftarannya. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *