Kepri Diusulkan Jadi Pusat Bank Riau Kepri Syariah

  • Whatsapp

Tanjungpinang, BatamEkbiz.Com — Bank Riau Kepri mengusulkan untuk menjadikan Provinsi Kepri sebagai pusat Bank Riau Kepri Syariah. Usulan itu disampaikan langsung Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari dalam pertemuan dengan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di kantor Gubernur di Dompak, Tanjungpinang, Kamis, 12 Januari 2017.

“Bank Riau Kepri Syari’ah akan melakukan spinning off (pemisahan) dengan unit usaha PT. BPD Riau. Dengan berpusatnya Bank Riau Kepri Syari’ah diharapkan Pemerintah Provinsi Kepri berikut Kabupaten/Kota menjadi pemegang saham yang nantinya bisa menentukan dewan pengawasan diri/ otoritas diri,” ujar Irvandi.

Bacaan Lainnya

Gubernur menyambut baik usulan tersebut. Harapannya, berpindahnya pusat Bank Riau Kepri Syari’ah ke Kepri dapat memperkuat perekonomian Provinsi Kepri sendiri.

“Saya senang sekali kalau Bank Riau Kepri Syari’ah dipusatkan di sini, apalagi Provinsi Riau dan Provinsi Kepri itu kan sebenarnya bersaudara,” kata Nurdin.

Turut hadir pada pertemuan Asisten I Raja Ariza dan Asisten II Syamsul Bahrum. Dari Bank Riau Kepri juga hadir Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny Mulya Akbar, Komisaris Utama Bank Riau Kepri HR Mambang Mit, Kepala Devisi BRK Andi Mulya, Kepala Cabang Bank Riau Kepri Tanjungpinang Yudi Asdam, Kepala Cabang Bank Riau Kepri Syariah Tanjungpinang Elwin Yunus, dan Pemimpin Desk Corporate Secretary Winofri.

Prinsip pembentukan Bank Riau Kepri Syariah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Riau pada 2001, yang kemudian ditetapkan melalui Unit Usaha Syariah. Pendirian Bank Riau Kepri Syariah diawali dengan melakukan Restrukturisasi Organisasi di Bank Riau Kepri dengan membentuk Unit Usaha Syariah sesuai Surat Keputusan Direksi No. 44/KEPDIR/2002 pada Tanggal 01 Oktober 2002. Akselerasi pendirian Bank Riau Kepri Syariah dipercepat dengan pembentukan Tim Pengembangan Unit Usaha Syariah Bank Riau dengan SK Direksi PT. Bank Riau No. 39/KEPDIR/2003.

Pengajuan izin prinsip pendirian Bank Riau Syariah ke Bank Indonesia diajukan pada 29 Januari 2004. Persetujuan prinsip dari Bank Indonesia didapatkan tanggal 27 Februari 2004 melalui surat BI Pekanbaru No. 6/7/DPbS/Pbr. Pada tanggal 1Juli 2004 dilaksanakan soft dan grand opening Bank Riau Syariah dan tanggal 22 Juli 2004 Bank Riau Kepri Syariah diresmikan oleh Gubernur Riau, dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia dan serta Ketua DPRD Provinsi Riau.

Bank Riau Kepri Syariah pernah meraih penghargaan Infobank Sharia Finance Awards 2015 sebagai Unit Usaha Syariah berpredikat Sangat Bagus untuk kinerja keuangan tahun 2014. Berbagai inovasi produk-produk unggulan telah diluncurkan Bank Riau Kepri Syariah kepada masyarakat Riau dan Kepri yang mayoritasnya adalah muslim. (hms)