Komunitas Muda Meriahkan Festival Petani Organik

  • Whatsapp
petani organik
Young Organic Festival (YORFest) digelar pada 28-29 Oktober 2020 secara virtual.

Jakarta, BatamEkbiz.com – Puluhan komunitas anak muda petani organik memeriahkan kegiatan tahunan Young Organic Festival (YORFest) 2020. Kegiatan tentang pertanian, perkebunan, peternakan, dan bisnis yang berhubungan dengan pendayagunaan ekosistem organik ini digelar selama dua hari, 28-29 Oktober 2020 secara virtual.

Kalangan anak muda yang berpartisipasi dalam acara ini di antaranya para pelaku industri pertanian organik. Seperti Angeline Theo (Boja Farm), Tari Dana (Avana Green), Andhika Mahardika (Agradaya), Suradi (The Learning Farm), dan Raka Bagus (Ladang Lima). Kemudian Putri Arif Febrila (Bulk Source), Christopher Satriandaru (Cocona Care), Margaret Agustina (Jagapati.com), dan Dwi Anoraganingrum (Indocom GmbH). Selanjutnya Dedi Wahyu Hernanda (Genpi Nasional) dan Ichwan Joesoef (Indonesia Trade Promotion Center, Osaka, Japan).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Jayakan Petani, BNI Luncurkan Kartu Petani

Selain itu juga ada Ivanka (bassist Slank), Reza Purnomo (BioCert), Fikri S. Tsauri (Certifier), dan Muslahudin Daud (petani muda Aceh). Selanjutnya Fransiscus Richard (Triasiondo Royal Agro), Junaidi Prasetyo (Pupuk Organik), dan Christopher Jayanata (Komunitas Organik Indonesia). Ada juga Henindra Primala (Crowd Funds), Anisa Paramida (SPIND.id), dan Fendi Hartanto (Lojin.co.id).

“Semoga YORFest 2020 ini bisa menjadi momentum bagi pemuda Indonesia untuk menjadi petani, khususnya petani organik dan ambil bagian dalam regenerasi petani,” harap Ketua Panitia YORFest, Andre Opa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup secara resmi YORFest 2020 pada Kamis (29/10/2020) malam. Ia mengapresiasi para generasi muda Indonesia yang menegaskan langkahnya untuk terjun menjadi petani. Menurut Jokowi, melalui langkah ini para petani muda Indonesia bisa mengembangkan pertanian organik yang akan menjadi masa depan pertanian Indonesia.

Di tengah pesatnya tren gaya hidup kembali ke alam yang diiringi kesadaran masyarakat untuk memilih bahan pangan sehat dan aman, pertanian organik memiliki peluang yang menjanjikan.

“Peluang ini benar-benar harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terus lakukan inovasi pada seluruh proses, mulai dari produksi sampai pascapanen, gunakan teknologi modern pada saat penanaman, pemeliharaan dan pengolahan. Perkuat branding, packaging, dan pemasaran, lalu masuk ke supply chain nasional, sehingga menjangkau pasar yang lebih luas,” kata Jokowi. (re)