KPU Bintan Libatkan 348 PPDP Coklit 111.854 Data Pemilih

  • Whatsapp
KPU Bintan melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Bintan menjelang tahapan coklit.

Bintan, BatamEkbiz.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan melibatkan 348 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih mulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2020. Total ada 111.854 data pemilih yang akan di coklit, terdiri dari 57.003 laki-laki dan 54.851 perempuan yang tersebar di 348 tempat pemungutan suara (TPS).

“Masing-masing PPDP bertugas mencoklit 1 TPS,” ujar Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay, Kamis (9/7/2020).

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Kabupaten Bintan, Haris Daulay
Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay

Menurut Haris, dalam daftar pemilih yang akan dicoklit juga terdapat 3.293 calon pemilih pemula di Pilkada Serentak 2020. Data pemilih pemula tersebut umumnya adalah warga yang baru berusia 17 tahun pada saat pemungutan suara nanti tanggal 9 Desember 2020. Selain itu ada juga yang menikah di bawah 17 tahun dan pensiunan TNI/Polri.

Dalam melaksanakan tugasnya, PPDP akan dibantu oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Guna mendukung kegiatan coklit, KPU Bintan akan melakukan supervisi langsung. Menjelang tahapan coklit, KPU Bintan juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Kami mengajak masyarakat Bintan turut serta dalam menyukseskan gerakan coklit dengan cara memastikan terdaftar sebagai pemilih kepada petugas coklit yang akan turun. Masyarakat tidak perlu khawatir menerima petugas, karena kita melakukan coklit dengan protokol kesehatan”, katanya. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *