KPU Bintan Sosialisasi Pilkada ke Penyandang Disabilitas

  • Whatsapp
KPU Bintan sosialisasi pilkada
KPU Kabupaten Bintan memberikan sosialisasi pilkada kepada penyandang disabilitas, Senin (9/11/2020).

Bintan, BatamEkbiz.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan melakukan sosialisasi Pilkada Serentak 2020 kepada penyandang disabilitas. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Gunung Kijang, Senin (9/11/2020) pagi.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Gunung Kijang, Siti Raiha membuka secara resmi sosialisasi Pilkada Serentak 2020 tersebut. Pesertanya melibatkan puluhan warga disabilitas binaan Forum Komunikasi Keluarga Penyandang Disabilitas (FKKPD) Provinsi Kepulauan Riau.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Haris Daulay mengatakan, dalam sosialisasi tersebut pihaknya menyampaikan hal-hal baru berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada di masa Pandemi Covid-19. Selain itu memastikan penyandang disabilitas sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap dan terakomodir berkenaan dengan kemudahan aksesibilitas ketika akan mencoblos pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Dalam sosialisasi tersebut kita ingin memastikan bahwa hak-hak demokrasi warga disabilitas terpenuhi serta menekankan hak warga disabilitas untuk kemudahan mencoblos di TPS”, ujar Haris.

Dalam kegiatan sosialisasi, jelas Haris, terdapat dua warga penyandang disabilitas yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Untuk itu, pihaknya langsung memberi penjelasan sekaligus mengagendakan perekamannya di Kecamatan Gunung Kijang.

Baca juga: Gelar Apel Coklit, KPU Bintan Imbau Warga Pastikan Terdaftar Pemilih

“Langsung difasilitasi dengan bantuan pihak kecamatan”, jelas Haris.

Haris menambahkan bahwa hak-hak demokrasi warga masyarakat disabilitas harus dilindungi. Bahkan pihaknya dalam pembentukan KPPS juga mengajak warga disabilitas melalui FKKPD untuk ikut berpartisipasi.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Gunung Kijang, FKKPD dan PPK Kecamatan Gunung Kijang. (r)