Kunjungi, Wisata Mangrove Kampung Bugis Tanjungpinang

  • Whatsapp
Wisata hutan mangrove di Kampung Bugis, Tanjungpinang
Wisata hutan mangrove di Kampung Bugis, Tanjungpinang.

BatamEkbiz.com – Sebagai kota kepulauan, Tanjungpinang memiliki obyek wisata menarik berupa pantai dan hutan mangrove. Salah satu wisata hutan mangrove yang menarik dikunjungi adalah di Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang.

Lokasi mangrove Kampung Bugis berada tak jauh dari pusat kota lama Tanjungpinang. Sehingga mudah untuk disambangi menggunakan transportasi laut atau kapal boat.

Selama perjalanan, pengunjung bisa menyusuri pemandangan hutan mangrove yang masih asri dan indah. Selain itu, lokasi ini memiliki banyak spot bagus untuk foto dan menambah pengetahuan tentang hutan mangrove.

“Hutan mangrove ini punya potensi sebagai salah satu objek wisata di Kota Tanjungpinang. Tak hanya mangrovenya saja, tapi segala habitat yang ada di kawasan ini,” kata Lurah Kampung Bugis Rio Reinaldy.

Menurut Rio, pihaknya juga rutin menggelar tour mangrove bersama forum RT dan RW. Tujuannya sebagai sarana promosi kepada RT dan RW bahwa Kelurahan Kampung Bugis memiliki wisata hutan mangrove yang tak kalah indah dengan daerah lain.

“Kalau mau berwisata mangrove bersama keluarga, tidak perlu jauh-jauh lagi,” ujarnya, Selasa (9/2/2021).

Hutan mangrove memiliki banyak fungsi dan manfaat. Di antaranya sebagai penahan abrasi pantai, ombak, angin, peresapan air laut, dan menurunkan kandungan gas karbondioksida (Co2) di udara.

Selain itu, hutan mangrove juga bermanfaat untuk mengatasi pencemaran di perairan rawa pantai. Secara biologi, hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, berlindung, mencari makan, dan asupan biota laut. Antara lain ikan, udang, monyet, biawak, dan burung.

Baca juga: Kampung Pohon Pinang, Tawarkan Pesona Lewat Agrowisata

Selain wisata hutan mangrove, Kampung Bugis juga terkenal dengan obyek wisata Kampung Pelangi-nya. Pelangi ini berasal dari rumah-rumah warga yang dicat dengan warna-warni. (r)