Kurang 6 Suara Lagi, Joe Biden Menangi Pilpres AS

  • Whatsapp
Trump dan Joe Biden
Hasil penghitungan suara pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) hingga pagi ini, sementara Biden masih memimpin.

BatamEkbiz.com – Donald Trump dan Joe Biden menunjukkan persaingan sengit dalam hasil penghitungan suara pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS). Calon Presiden AS dari kubu Demokrat, Joe Biden sudah mengantongi perolehan 264 suara elektoral. Hanya kurang 6 suara lagi untuk memenangkan pilpres.

Rabu (4/11/2020) sore waktu AS, Biden mengantongi tambahan suara elektoral dari Michigan dan Wisconsin. Tambahan ini sekaligus merebut kembali dua negara bagian itu dari Donald Trump.

Bacaan Lainnya

Di Michigan, Biden mengantongi 16 suara elektoral setelah menang tipis atas Trump dengan perolehan 49,8 persen berbanding 48,6 persen.

Capaian ini menjadi buah dari kerja keras Biden untuk kembali merebut Michigan, terutama masyarakat di kota besar seperti Detroit, yang pada 2016 lalu sempat memilih Trump.

Sebagaimana Michigan, Wisconsin juga kembali memihak Demokrat. Hal ini membuat tambahan 10 suara elektoral untuk Biden yang akhirnya meraih 49,4 persen berbanding 48,8 persen dari Trump.

Baca juga: Presiden Amerika Trump dan Istri Jalani Karantina

Padahal pada 2016, negara bagian ini dikuasai oleh Donald Trump, kandidat Republik pertama yang memenangkan negara bagian itu sejak 1984. Namun karakter Wisconsin sebagai ‘swing states’ menjadi peluang bagi siapapun untuk dipilih, satu di antara dua capres yang berlaga.

Sementara itu Trump mendeklarasikan kemenangannya saat berbicara dari Gedung Putih pada Selasa malam. Ia juga mengatakan akan mengajukan gugatan lewat Mahkamah Agung terkait suara lewat pos.

“Sejujurnya kami telah memenangi pemilihan ini,” katanya di Gedung Putih.

Hingga Kamis (5/11) pukul 4.57 WIB, masih ada sejumlah negara bagian yang belum mengumumkan hasil. Yaitu Alaska dengan 3 suara elektoral, Georgia 16, Nevada 6, North Carolina 15, dan Pennsylvania 20. (re)