Laut China Selatan Memanas, Empat Kapal Perang Disiagakan di Natuna

  • Whatsapp

Natuna, BatamEkbiz.com – Sebanyak empat kapal perang KRI jenis Fregat dan Korvet (kapal anti-kapal selam) disiagakan di perairan Natuna. Keempat KRI itu adalah KRI Bung Tomo-357, KRI Slamet Riyadi-352, KRI Bintang-907, dan KRI Wiratno-379.

Penempatan kapal-kapal perang ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi konflik di Laut China Selatan, seiring meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China. Selain mengantisipasi potensi konflik, kapal perang tersebut juga disiagakan untuk patroli rutin.

Bacaan Lainnya

“Kita tempatkan empat KRI, dua jenis Fregat dan dua jenis Korvet. Adapun tugas mereka adalah melakukan penegakan kedaulatan hukum, masih banyak kapal-kapal asing yang masuk ke wilayah kedaulatan kita,” ujar Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda TNI Ahmad Heri Purwono saat kunjungan kerja ke Tanjungpinang, Jumat (19/6/2020).

Ketegangan di Laut China Selatan makin meningkat setelah militer AS mengerahkan tiga kapal induk berbobot 100 ribu ton di kawasan itu. Ketiga kapal induk itu adalah USS Theodore Roosevelt, USS Nimitz, dan USS Ronald Reagen. Masing-masing kapal induk dilaporkan mengangkut 60 pesawat.

Laut China Selatan menjadi salah satu titik rawan konflik antarnegara. Di kawasan ini sejumlah negara saling klaim atas kedaulatan teritorial berikut pulau-pulau di sekitarnya. Sejumlah negara itu antara lain China, Vietnam, Malaysia, Filipina, Taiwan, hingga Brunei Darussalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *