Layani Pemilih Covid-19, KPPS Datangi Tempat Isolasi

  • Whatsapp
KPPS membantu pemilih di TPS
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS oleh KPPS di masa pandemi Covid-19.

Jakarta, BatamEkbiz.com – Pemilih terkonfirmasi positif Covid-19 tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2020. Nantinya, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap bakal mendatangi pemilih Covid-19 di rumah sakit atau tempat isolasi.

“Kita akan menggeser kotak dan surat suara agar pemilih (Covid-19) bisa menggunakan hak pilihnya. Itu yang akan disiapkan,” ungkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Menurut Evi, bagi pasien yang berada di rumah sakit, KPPS di TPS terdekat juga wajib mendatangi pemilih. Nantinya, petugas akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan Satgas Covid-19 untuk mendata dan memetakan berapa banyak pasien yang masih dirawat pada hari pemungutan suara.

“Sehingga kita bisa menyiapkan logistik dan petugas kita akan memberikan pelayanan,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU lainnya, Viryan Azis mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan Pilkada. “Kami fokus melakukan kerja-kerja sosialisasi dan edukasi lebih gencar lagi,” ujarnya.

Viryan menjelaskan, setidaknya ada dua hal yang digencarkan KPU kepada pemilih. Pertama, meyakinkan bahwa tempat pemungutan suara (TPS) menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kedua, KPU juga akan terus mengingatkan bahwa Pilkada digelar dalam suasana pandemi. Oleh karenanya, cara pandang yang digunakan harus disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19.

Saat ini KPU terus mencari formulasi yang tepat dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Pilkada Serentak 2020 di masa pandemi Covid-19. Di antara protokol kesehatan yang diterapkan adalah keharusan mengenakan masker, mencuci tangan, diukur suhu badan, dan mengenakan sarung tangan yang disediakan panitia pemilihan.

Untuk mendapatkan formulasi tepat itu, KPU kembali menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Candi Nambangan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (10/10/2020). Simulasi ini dilakukan layaknya pemungutan suara di TPS. Ada petugas KPPS yang melayani pemilih, ada pemilih yang ikut mencoblos, ada pengawas TPS, ada saksi dari pasangan calon, dan lain-lain.

Setiap pemilih yang akan masuk ke area pencoblosan harus mengenakan masker, mencuci tangan, dan diukur suhu badannya. Kemudian saat menunggu giliran mencoblos di bilik suara, pemilih duduk dengan menjaga jarak dan sambil mengenakan sarung tangan yang disediakan panitia pemilihan. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *