Lepas rutinitas di Pantai Piayu Laut

  • Whatsapp

Sei Beduk, BatamEkbiz.Com — Pantai Piayu Laut, mulai diminati masyarakat di Kecamatan Sei Beduk dan Kota Batam sebagai pilihan mengisi liburan. Yah, pantai yang masih alami di ujung Kelurahan Tanjungpiayu ini, terus berbenah sebagai satu-satunya alternatif refreshing masyarakat daerah industri ini, melepas rutinitas kerja sehari-hari.

Untuk menjangkau tempat wisata baru ini, hanya bisa dilalui dengan satu jalan darat. Yakni melalui Simpang Panbil Mukakuning menuju Tanjungpiayu, lurus hingga ke ujung wilayah Kampung Tua Piayu Laut.

Tiba di kawasan Pantai Piayu Laut, anda akan menjumpai sebuah pos yang dijaga beberapa pemuda setempat. Mereka akan menarik retribusi masuk bagi setiap pengunjung yang dihitung berdasarkan kendaraan, Rp2 ribu untuk setiap kendaraan. Selain retribusi masuk kawasan, biasanya juga ada retribusi yang dipungut pengelola di area parkir bawah, rata-rata Rp2 ribu untuk setiap kendaraan bermotor dan pengunjung dewasa, serta Rp1.000 untuk anak-anak.

Sebagaimana kawasan wisata pantai lainnya di Kota Batam, Pantai Piayu Laut juga menawarkan lokasi untuk mandi di laut, berenang dan bermain pasir sepuasnya. Airnya masih jernih dengan pantai berpasir yang dirawat dengan baik oleh pengelola.

Akar pohon yang menjalar di sekitar tepi pantai, bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk menikmati pemandangan laut ataupun menunggu anak-anak bermain riang di laut ataupun bermain pasir. Di tempat ini anda juga bisa manfaatkan untuk membentang tikar ataupun karpet plastik, tempat berkumpul bersama keluarga, menaruh barang-barang ataupun hidangan makanan.

Melengkapi keperluan wisata pantai, pengelola juga membangun kamar mandi dengan air tawar, untuk membersihkan tubuh sehabis mandi di laut dan berganti pakaian. Karena jika tidak, maka tubuh dan pakaian yang anda kenakan untuk mandi, akan bertabur pasir saat mulai kering di badan.

Sehabis bermain sepuasnya di laut, tentunya perut akan keroncongan. Namun tak perlu khawatir, terdapat pilihan makanan yang ada di sekitar pantai. Mulai dari makanan yang murah yang dijual oleh pedagang keliling, hingga makanan seafood yang ada di rumah kelong di atas laut.

Dibanding harga makanan seafood di kawasan lain di Batam, harga makanan seafood di kawasan Pantai Piayu Laut masih tergolong murah. Biasanya dijual perkilo secara mentah, baik udang hidup, kerang, sotong maupun ikan laut lainnya yang harganya mengikuti harga pasar. Untuk bisa menikmati makanan di tempat, anda tinggal meminta makanan mentah tersebut dimasak dengan jasa masak Rp20 ribu.

Menurut Mei Mei, Pengelola Pantai Piayu Laut, kawasan wisata baru ini mulai banyak dikunjungi warga sekitar Batam sejak tiga tahun lalu. Sejak jalan aspal dibangun oleh pemerintah daerah, sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk menuju lokasi.

“Jika libur Sabtu dan Minggu, sekitar 100-200 orang berkunjung kesini (Pantai Piayu Laut). Namun jika liburan besar seperti libur sekolah atau tahun baru, pengunjungnya bisa mencapai seribu orang per hari,” ungkap Mei Mei. (R02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *