Listrik Padam di Batam, Sejumlah Wilayah Gelap Lebih dari 1 Jam

BatamEkbiz.com – Listrik padam di Batam kembali terjadi pada Senin (11/10/2021). Padamnya listrik secara tiba-tiba ini terjadi di sejumlah wilayah di Kota Batam. Di antaranya kawasan Perumahan Laguna Tanjungpiayu, Pancur, GMP, Bidaayu, Bukit Lestari, Bidadari, hingga kawasan Batuaji.

“Arah Piayu Laut, listrik down dari sekitar jam 20.33 sampai 21.45 WIB,” ungkap Lukman, warga Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk.

Pemadaman listrik secara tiba-tiba ini sangat dikeluhkan warga. Karena warga tak ada persiapan sama sekali dan sebagian sedang melakukan aktivitas rutin yang membutuhkan pasokan listrik.

Menurut Lukman, bukan kali ini saja terjadi pemadaman listrik di kawasan Tanjungpiayu dan wilayah lainnya di Kota Batam. Ia heran, beberapa waktu terakhir listrik makin sering padam.

“Pernah istri lagi mencuci pakaian, tiba-tiba mesin cuci berhenti. Setelah dicek, ternyata listrik mati. Kalau sering-sering begini, peralatan elektronik bisa cepat rusak. Apa PLN mau ganti?” keluhnya.

Ia menyayangkan makin menurunnya kualitas pelayanan listrik di Batam akhir-akhir ini. Tidak ada kompensasi yang diberikan PLN Batam atas kerugian yang dialami pelanggan.

“Sementara kalau pelanggan terlambat membayar sehari saja, langsung kena denda. Giliran listrik sering padam, tidak ada ganti rugi yang diberikan kepada warga,” katanya.

Bulan September lalu, listrik padam sempat beberapa kali terjadi di Batam. Saat itu bright PLN Batam beralasan bahwa gangguan itu terjadi akibat defisit energi yang terjadi pada sistem kelistrikan Batam-Bintan.

Baca juga: Listrik Batam Padam Hampir Tiga Jam

“Akibat gangguan tersebut, terjadi pemadaman listrik pada sebagian wilayah di Batam. Pasokan listrik telah normal kembali seluruhnya pada Jumat (24/9) pukul 21.56 WIB,” tulis Vice President of Public Relation bright PLN Batam, Bukti Panggabean sebagaimana dilansir dalam laman resmi bright PLN Batam. (re)