Lolos Hukuman Mati di Saudi, Warga Majalengka Tiba di Tanah Air

  • Whatsapp
Pekerja migran Indonesia di Saudi (kiri) tiba di tanah air, Senin (6/7/2020).

Jakarta, BatamEkbiz.com – Pekerja Migran Indonesia yang lolos hukuman mati di Arab Saudi, Etty binti Toyib akhirnya tiba di tanah air. Sejumlah pejabat menyambut kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6/7/2020). Di antaranya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kepala BP2MI Benny Ramdhani, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Anggota DPR RI Komisi IX Anggia Ermarini dan Nihayatul Wafiroh.

Etty merupakan PMI asal Majalengka, Jawa Barat yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi berkat tebusan 4 juta riyal atau Rp15,5 miliar. Di Saudi, Etty bekerja di Kota Taif.

Bacaan Lainnya

Pada 2001, Etty didakwa menjadi penyebab meninggalnya sang majikan, Faisal al-Ghamdi. Etty dituduh meracuni sang majikan.

Menurut Menaker Ida, peran masyarakat dan advokasi dari perwakilan Indonesia untuk Arab Saudi sangat besar atas pembebasan dan kepulangan Etty ke Indonesia. “Saya kira ini kerja teman-teman perwakilan kita yang sudah mengadvokasi kepada Bu etty, dan akhirnya beliau dibebaskan dengan diyat yang harus dibayar. Dan diyat itu atas dukungan dari seluruh masyarakat, termasuk temen-temen Komisi IX yang mensupport juga,” katanya. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *