Makam Bukit Puak di Nongsa, Batam
Makam Bukit Puak di Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

BatamEkbiz.com – Sebuah makam tua yang diyakini telah ada sejak 1200-an terdapat pada dataran tinggi Kampung Nongsa Pantai, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Menemui makam keramat Bukit Puak ini harus melewati jenjang sepanjang lebih dari 100 meter di kelilingi pepohonan berumur ratusan tahun.

Inilah makam Tengku H Fuang beserta dua permaisurinya. Para juru kunci yang juga tercatat sebagai zuriat penghuni makam memegang teguh amanah yang telah diwariskan lebih dari 800 tahun yang lalu.

Amanah itu adalah untuk merawat dan menjaga makam Bukit Puak. Serta memastikan bahwa hanya para keturunan Tengku H Fuang-lah yang berhak dikebumikan dalam komplek makam seluas lebih kurang 500 meter persegi tersebut.

Terdapat 28 kuburan, tiga di antaranya makam Tengku H Fuang dan dua permaisurinya bernama Encik Siti Aisyah. Pemakaman ini berada dalam sebuah bangunan beton di cat putih dan memiliki 3 kubah bewarna kuning.

Makam ini telah mengalami pemugaran total. Sedangkan kain kuning yang menutupi batu nisan diyakini asli. Warga setempat mempercayai banyak misteri yang menyelimuti makam bernama Bukit Puak ini seperti legenda-legenda dan pantang larang.

Bukit Puak sendiri tergolong memiliki dataran cukup tinggi. Karena itu para juru kunci membangun undak-undakan berjenjang untuk memudahkan pengunjung yang akan berziarah.

Suasana di sekitar bukit ini sangat teduh dan asri. Puluhan pepohonan besar tumbuh kokoh di sepanjang kanan dan kiri tangga menuju ke puncak, lokasi pemakamannya.

Baca juga: Pulau Buluh

Tidak terlalu sulit mencari makam keramat ini. Karena lokasinya berada di kawasan wisata rakyat Nongsa. Jadi, kalau memang Anda hendak berziarah ke sana, begitu sampai di Kampung Nongsa Pantai, tanya saja ke warga sekitar. Maka dengan senang hati mereka akan menunjukkan lokasi persisnya.

Tapi, ancar-ancar paling mudah untuk menandainya adalah keberadaan surau kecil yang berada tak jauh dari jalan arteri Nongsa. Dari surau itu, Bukit Puak hanya berjarak dua ratusan meter. (re)