Mal Pelayanan Publik Layani Perizinan Hingga Surat Nikah

  • Whatsapp

Batam Center, BatamEkbiz.Com – Setelah Surabaya, DKI Jakarta, dan Banyuwangi, kini giliran mal pelayanan publik Batam yang segera diresmikan. Mal yang berlokasi di Gedung Sumatera Promotion Center (SPC) Batam Centre ini akan melayani 340 layanan, mulai dari perizinan hingga surat nikah. Bahkan mal pelayanan publik juga menyediakan tempat untuk melangsungkan pernikahan.

Deputi V Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, sejumlah pelayanan BP Batam juga akan pindah ke mal pelayanan publik, termasuk 75 jenis perizinan. Pelayanan dari instansi lain juga akan bergabung, termasuk Pemko Batam, Imigrasi, Samsat, Bea dan Cukai, serta lainnya.

Bacaan Lainnya

“Awal kita buka ada 340 pelayanan dan itu masih bisa dikembangkan. Contohnya untuk jenis-jenis perizinan dan lainnya,” ungkap Bambang didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batam, Gustian Riau di Gedung Balairungsari BP Batam, Kamis 9 November 2017.

Menurut Bambang, mal pelayanan publik tidak hanya melayani layanan perizinan, namun juga non perizinan. Notaris juga ada di dalamnya.

“Untuk BP Batam, tahap awal ada 75 layanan perizinan yang akan masuk mal pelayanan publik. Nanti kemungkinan akan bertambah sekitar 17 layanan lagi,” katanya.

Untuk menampung pengaduan masyarakat, jelas Bambang, mal pelayanan publik juga akan menyediakan konter khusus. Tujuannya untuk mengakomodir pengaduan dan hambatan yang dikeluhkan masyarakat dalam proses pelayanan.

Pihaknya bersama Pemko Batam juga akan membahas SOP di mal pelayanan publik. Termasuk menentukan koordinator, kebersihan, mekanisme pengamanan, dan perawatan gedung.

“BP Batam dan Pemko akan terus memberikan fasilitas terbaik untuk masyarakat dalam proses perizinan , makanya digelar rapat antar instansi hari ini untuk menentukan pelayanan kerja, ” katanya. (mas/adi)

Gustian Riau menambahkan, selain instansi pemerintah, juga akan diupayakan pelayanan dari non pemerintah. Seperti PLN Batam dan PT Adhya Tirta Batam (ATB).

“Untuk dukung perizinan juga ada dari Notaris, PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), REI (Real Estate Indonesia), IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Sehingga investor yang mau masuk tinggal masuk. Kita siapkan juga ruang VVIP untuk investor,” katanya.

Saat ini persiapan penataan mall pelayanan publik di Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC) sudah mencapai tahap 70 persen. Ditargetkan pada 23 November mendatang, seluruh instansi vertikal yang sudah komitmen untuk memberikan pelayanan di mall pelayanan terpadu sudah pindah ke sana. (adi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *