MAN Insan Cendekia Lolos Semifinal Olimpiade APBN
Proses belajar mengajar di MAN Insan Cendekia Batam.

Batam, BatamEkbiz.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Batam mewakili madrasah Regional I pada Semifinal Olimpiade APBN. Dari empat regional, terpilih 12 tim terbaik dari total 3.324 tim yang masuk semifinal olimpiade tersebut.

Olimpiade APBN adalah kompetisi berskala nasional untuk mengasah kemampuan dalam bidang pengelolaan keuangan negara yang diselenggarakan Kementerian Keuangan. Perlombaan ini diikuti pelajar dari SMA/MA/SMK/sederajat atau Program Paket C se-Indonesia.

Ajang olimpiade ini dikemas dengan berbagai lomba yang mengadu pengetahuan, isu terkini, dan hal-hal berkaitan dengan APBN. Tujuannya untuk mengenalkan APBN di kalangan remaja, khususnya pelajar SMA sederajat.

Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk melatih dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan siswa SMA sederajat dalam teori dan aplikasi melalui kecepatan dan ketepatan peserta dalam mengerjakan soal ataupun kasus mengenai APBN.

Di semifinal olimpiade itu, Tim MAN Insan Cendekia terdiri atas M. Wafiq Fadhillah, Haykal Sulthan Hakeem, dan Dwi Erina Athaillah. Menurut Wafiq, ia dan rekan satu timnya telah melalui sejumlah tahapan sebelum akhirnya berhasil masuk di tahapan semifinal.

“Tahapan seleksi dimulai dari tahap online 1 untuk memilih 25 tim terbaik dari setiap regional. Mereka lalu berkompetisi pada tahap online 2 hingga terpilih tiga tim terbaik dari setiap regional yang masuk di babak semifinal,” katanya.

Kepala MAN Insan Cendekia, Rudianto, bersyukur dan mengapresiasi guru pembimbing, orangtua, dan siswa yang terus mengukir prestasi. “Meski di tengah pandemi, mereka tetap semangat,” kata Rudianto. (re)