Manfaat Bermain Lego Untuk Anak-Anak
LEGO adalah salah satu permainan yang memiliki berbagai manfaat yang baik untuk perkembangan anak.

BatamEkbiz.com – Anak-anak tentu saja masih memiliki keinginan yang sangat besar untuk bermain-main sepanjang hari. Faktanya, dengan melakukan suatu permainan, ini bisa mengembangkan berbagai potensi kecerdasan atau kemampuan tertentu pada anak. Mulai dari sensorik, motorik, hingga pengembangan kreativitas.

LEGO adalah salah satu permainan yang memiliki berbagai manfaat yang baik untuk perkembangan anak. Mainan ini memiliki konsep DIY (Do It Yourself), dimana kita bisa melakukan sesuatu terhadap benda ini sesuai keinginan kita. Sehubungan dengan hal itu, disini kami akan memberi tahukan manfaat bermain lego untuk anak-anak. Untuk itu, simaklah artikel ini sampai selesai!

1. Meningkatkan Kreativitas
Manfaat dari bermain LEGO yang pertama sudah pasti meningkatkan kreativitas. Bermain LEGO memanglah membutuhkan kreativitas yang tinggi, karena apa yang akan mereka lakukan dengan benda itu tergantung bagaimana kreativitas yang mereka miliki.

2. Meningkatkan Imajinasi

Bermain LEGO tentu saja akan sangat meningkatkan imajinasi, dimana imajinasi ini cukup penting untuk melatih otak anak menjadi mampu membayankan hal-hal yang berkemungkinan terjadi dengan benda ini. Otak yang sudah dilatih seperti ini mungkin nanti bisa berkembang ketika anak-anak belajar sesuatu, karena terkadang saat belajar kita juga butuh imajinasi.

3. Problem Solving

Pemecahan masalah, juga merupakan salah satu manfaat yang bisa didapat dari bermain LEGO. Karena pada konsepnya, saat bermain LEGO kita juga memiliki masalah, yaitu ketika potongan-potongan LEGO yang berserakan harus kita susun sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang memiliki arti.

4. Belajar Tekun

Bermain LEGO juga mengajarkan anak untuk menjadi seorang pribadi yang tekun. Karena dalam menyusun LEGO diperlukan ketekunan serta kesabaran yang tinggi, karena tak jarang ketika akan membuat sesuatu dari LEGO, hasilnya tidak sesuai yang diinginkan.

Hal-hal seperti ini tentu saja akan sangat berkaitan dalam kehidupan sehari-hari, dimana ketekunan akan sangat dibutuhkan ketika kita akan mencapai suatu hal dengan sempurna atau setidaknya cukup baik.

5. Melatih Kerja Sama

Permainan LEGO ini tak jarang dilakukan oleh banyak orang secara bersama-sama. Biasanya, ketika sedang bermain LEGO pasti akan ada kerja sama yang terjalin ketika ingin membuat sesuatu.

Hal ini bisa memberi pelajaran kepada anak, bahwa kita membutuhkan kerja sama dengan orang lain ketika ingin mencapai sesuatu dengan mudah.

6. Kemampuan Perencanaan

Dalam bermain LEGO, tentu saja kita pasti membutuhkan suatu rencana, tentang apa yang akan dilakukan dengan benda-benda ini. Setelah merencanakan, baru kita akan memulai menjalankan sesuai rencana itu.

Hal-hal seperti ini tentu saja akan sangat baik untuk perkembangan anak. Karena membuat suatu rencana dan menjalankannya dengan baik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari bermain LEGO adalah meningkatkan kepercayaan diri. Karena dalam membuat segala sesuatu menggunakan blok-blok yang tersedia, kita membutuhkan suatu sugesti bahwa benda-benda itu akan cukup bagus ketika dibuat menjadi suatu hal. Setelah potongan-potongan itu berhasil menyatu, mempertunjukkannya ke orang-orang juga membutuhkan kepercayaan diri yang besar.

LEGO Indonesia

Mainan LEGO Indonesia bisa ditemukan di berbagai tempat-tempat tertentu seperti mall ataupun supermarket. Namun, kita juga bisa menemukannya di marketplace.

Ada berbagai macam pilihan lego yang menarik untuk dimainkan anak-anak dalam masa perkembangannya. Yang pasti, soal masalah harga juga merupakan harga yang terbaik. (r)