Masjid Jabal Arafah, Ikon Wisata Religi di Kota Batam
Masjid Jabal Arafah Batam

BatamEkbiz.com – Masjid Jabal Arafah Batam menjadi salah satu ikon wisata religi di Kota Batam. Masjid yang dirancang dengan modern dan multifungsi ini memiliki bangunan yang indah dan nyaman, di perbukitan kawasan Nagoya, pusat bisnis di Kota Batam.

Posisi Masjid Jabal Arafah Batam berada di antara kawasan perbelanjaan Nagoya Hill Shopping Mall dan Thamrin City Batam yang segera beroperasi. Masjid empat lantai ini dilengkapi roof-garden dan pencahayaan yang artistik.

Tak hanya memiliki fungsi utama sebagai sarana ibadah umat Islam, masjid yang beroperasi mulai 13 Juli 2012 ini juga menjadi tujuan destinasi wisata religi di Kota Batam. Masjid di atas lahan seluas 4.607 meter persegi ini banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Beragam fasilitas tersedia, mulai dari taman, kantin, toko souvenir, dan kolam ikan hias. Terdapat juga perpustakaan dengan ribuan koleksi buku, beberapa unit komputer, dan akses internet gratis untuk jamaah dan pengunjung.

Bagi Anda yang ingin menikmati sunset atau keindahan suasana kota dari ketinggian, bisa naik lift menuju tower setinggi 36 meter. Tersedia juga teropong jauh di area kubah beton berlubang-lubang. Bisa untuk melihat panorama batam, kaki-langit cakrawala Singapura dan Malaysia, serta lalu lalang kapal di Selat Singapura.

Saat Ramadan, masjid ini menjadi tempat favorit untuk menunggu waktu berbuka. Lingkungannya sangat instagrammable, sering menjadi spot selfie para pengunjung. (re)