Masuk Zona Hijau, Natuna dan Anambas Gelar Salat Id di Masjid

  • Whatsapp

Natuna, BatamEkbiz.com – Saat larangan berbagai kegiatan diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), Kabupaten Natuna dan Anambas justru mengizinkan masyarakatnya menggelar salat Idul Fitri berjamaah di masjid-masjid. Izin itu diberikan karena kedua kabupaten tersebut diklaim sebagai zona hijau.

Di Natuna, Bupati Hamid Rizal mengizinkan warganya melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di masjid atau musala. Bukan di tempat terbuka seperti lapangan atau tempat terbuka lainnya.

Bacaan Lainnya

“Sebagai daerah yang berstatus zona hijau, masyarakat Natuna diperbolehkan melaksanakan salat Id berjamaah di masjid atau musala, bukan di tempat terbuka,” ujarnya.

Hamid mengingatkan, meski diperbolehkan menunaikan salat berjamaah, namun masyarakat tetap harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Seperti menyediakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer, membawa sajadah masing-masing, menjaga jarak, dan memakai masker.

“Ini sebagai langkah antisipasi untuk menghindari Covid-19,” katanya.

Kabupaten Anambas juga berencana melaksanakan salat Id berjamaah di masjid. Bupati Anambas Abdul Haris mengimbau tim gugus tugas untuk menyiapkan pelaksanaan Salat Id tersebut dengan penyemprotan disinfektan di setap masjid dan menyediakan masker.

“Kami tetap dapat melaksanakan salat Id di masjid, namun harus mematuhi protokol kesehatan,” katanya. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *