Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Para pimpinan daerah di Kota Batam menyerukan kepada masyarakat untuk menjaga kerukunan dan persatuan. Seruan itu disampaikan dalam kegiatan Nusantara Bersatu di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Rabu, 30 November 2016.

Di antara pimpinan daerah yang hadir dalam kegiatan itu adalah Ketua DPRD Batam Nuryanto, Wali Kota Batam Rudi, Wakil Wali Kota Amsakar Achmad, Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmy Santika, serta Dandim 0316/Batam Letkol Inf Andreas Nanang Dwi. Dalam kegiatan itu juga dibacakan orasi kebangsaan empat konsensus pilar bangsa oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Batam, Rustam Effendi Bangun.

“Warga Batam harus menjaga keutuhan dan mempertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). NKRI harga mati,” kata Ketua DPRD Batam Nuryanto.

Wali kota berpesan agar masyarakat mewaspadai informasi-informasi yang berpotensi memecah belah dan merongrong persatuan bangsa. Informasi itu rawan disuarakan melalui media-media sosial (medsos).

“Batam milik kita semua. Mari bersatu. Gunakan medsos secara positif, yang tak betul hilangkan saja,” kata Rudi.

Wakil wali kota juga mengingatkan agar masyarakat cerdas dalam menyeleksi informasi di dunia maya. Karena kalau tidak, maka bisa menjadi bumerang.

“Info itu bisa positif, tapi kalau disebarluaskan secara provokatif, maka akan negatif hasilnya. Mari kita bahu membahu membangun negeri ini, jangan mau diprovokasi,” kata Amsakar.

Sementara Dandim 0316/Batam mengatakan, acara ini digelar untuk meningkatkan kembali rasa cinta tanah air.

“Tujuannya adalah menyatukan warga Batam dan menyampaikan kepada umum bahwa Batam memegang teguh Pancasila sebagai dasar negara,” katanya.

Kegiatan berlangsung meriah dengan hadirnya artis-artis ibukota. Selain pedangdut Duo Srigala dan Meggie Diaz, juga hadir Tukul Arwana. (R02)