Tanjunguncang, BatamEkbiz.Com — Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meresmikan peluncuran kapal angkut semen curah MV Iriana yang diproduksi PT Sumber Marine Shipyard di Tanjunguncang, Kota Batam, Sabtu, 25 Maret 2017.

Kapal tanpa bahan bakar minyak (BBM) ini menggunakan teknologi electric propulsion. Teknologi ini digerakkan lewat baling-baling kapal dengan tenaga listrik yang dihasilkan oleh electric motor, sehingga hemat bahan bakar serta ramah lingkungan.

“Ini juga merupakan prestasi bagi sebuah galangan kapal. Banyak pekerjaan yang bisa digarap di Batam,termasuk untuk penunjang offshore, galangan kapal juga sangat mendukung poros maritim,” ujarnya didampingi Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Hatanto Reksodiputro, Staf Ahli Gubernur Kepri Syamsuardi, Dubes Indonesia untuk Singapura Ngurah Sanjaya, dan Chairman PT Sumber Marine Shipyard Haneco W. Lauwensi.

Kapal semen curah pertama berkapasitas 10.300 DWT ini menggunakan 100% baja lokal produksi PT Krakatau Steel. MV Iriana dibangun oleh anak bangsa selama kurang dari 12 bulan.

Haneco mengaku bangga mampu menyelesaikan pembangunan kapal angkut semen curah berteknologi elektrik tersebut.

“Ini adalah wujud komitmen kami di dalam negeri sesuai misi Indonesia menuju poros maritim, dengan pengerjaan satu tahun dengan 800 pekerja keberhasilan ini mampu membuat kapal berteknologi tinggi,” ujarnya. (R02)