Milenial Sukses Asal Batam, Rijki Budiman Raup Omset Rp20 Juta Per Bulan
Rijki Budiman

Batam, BatamEkbiz.com – Milenial asal Batam, Rijki Budiman merupakan contoh milenial yang sukses dari bisnis digital. Sederet bisnis digital digeluti pemuda berusia 21 tahun ini, mulai dari Media Specialist startup OkeSayur di sektor agrobisnis, CEO Traveliki di sektor pariwisata pada 2017, dan Owner Fotoyaki di sektor photography dengan portofolio hasil karyanya di bidang videography dan photography.

Dari tiga sektor bisnis digital dan aksi trading jual beli sahamnya, Rijki mengaku bisa meraih omset hingga Rp20 juta per bulan. Atas kesuksesannya tersebut, ia pernah diundang dalam Enchelon Summit 2018 di Singapura, ajang pertemuan CEO startup se-dunia.

“Saya berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri digital di negara tercinta saya, yaitu Indonesia, sekaligus mendorong anak-anak muda milenial untuk tetap produktif membuat karya unik dan menorehkan prestasi positif untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di kancah dunia,” ujarnya kepada batamekbiz.com, Jumat (14/8/2020).

Pria kelahiran tahun 1998 in juga seorang penikmat sekaligus produser musik. Karya single-nya sudah ada di seluruh platfrom musik dunia, seperti apple music, spotify, amazon music, soundcloud, Deezer dan lainnya.

Dengan sudah diverifikasi oleh semua platfrom musik dunia, artinya nama Rijki Budiman sudah diakui dunia. Di Itunes Indonesia, karya musik Rijki bertengger di ranking 179.

Rijki juga aktif sebagai konten kreator Batam di Youtube dengan konten video vlog edukasi dan hiburan. Youtuber asal Batam ini memiliki jaringan luas hingga artis papan atas, seperti Atta Halilintar, Arif Muhammad (mak beti), Ria Ricis, Tarra Budiman, Cassandra Lee, Yusi Fadilla, dan Syahril Ramadhan. Akun Instagramnya @rijkibudiman diikuti 40 ribu followers dan akun youtube Rijki Budiman memiliki 1.200 subscriber.

“Saat proses monetasi Youtube, saya langsung dimonetasi Youtube dalam waktu 2 jam. Padahal kebanyakan orang biasanya harus menunggu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk bisa dimonetasi Youtube,” ungkapnya.

Siapa sangka, pemuda yang pernah menjadi Duta Suporter Asian Games 2018 ini ternyata juga memiliki segudang prestasi di berbagai bidang. Ia pernah Juara 1 Photography Manduafest se-Provinsi Kepri, Best Photo Asian indovision, dan Best Photo Human Interest se-Kota Batam.

Di ajang beladiri, Rijki merupakan atlit karate sekaligus pelatih di perguruan Institut Karate Do–Indonesia Kota Batam. Ia pernah meraih Juara 1 Kumite dan Juara 2 Kata pada ajang O2SN tingkat Kota Batam dan Juara 2 Kumite se-Kepri.

Rijki juga aktif berorganisasi, antara lain di Batam Art Photoraphy, English Club, Investor Saham Pemula, dan MMTC TV (kampus). Mahasiswa Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta ini pernah mengikuti kegiatan festival pemuda di Semarang pada Oktober 2019. Ia membawa nama delegasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, meski aslinya dari Batam,

“Kegiatan festival pemuda tersebut adalah perwakilan mahasiswa terbaik dari Sabang hingga Merauke untuk membahas permasalahan Indonesia. Kemudian menyelesaikannya secara bersama-sama dan memperkuat tali silatuhrami antar mahasiswa setiap provinsi,” katanya. (re)