Miliki elektabilitas tertinggi, Rudi pilih Amsakar dibanding Jefridin

  • Whatsapp

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Terpilihanya Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Kota Batam Amsakar Achmad sebagai wakil calon wali kota Batam Rudi bukan tanpa alasan. Pasangan ini menempati tingkat elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei. Terpilihnya Amsakar sekaligus menutup peluang Jefridin untuk maju sebagai calon wakil wali kota Batam.

Wakil Wali Kota Batam Rudi menjelaskan, dipilihnya Amsakar sebagai pendampingnya pada pemilihan wali kota (pilwako) Batam tahun ini telah melalui proses panjang. Salah satu pertimbangan utama adalah persepsi publik yang menempatkan Amsakar sebagai calon wakil wali kota paling pantas berpasangan dengan Rudi dengan elektabilitas sebesar 54 persen.

Bacaan Lainnya

“Ini berhubungan dengan survei karena elektabilitas (tingkat keterpilihan) ketika berpasangan dengan Amsakar cukup tinggi. Jadi pemilihan wakil ini bukan asal tunjuk, tapi melalui proses matang,” katanya, Kamis (9/7/2015).

Menurut Rudi, dipilihnya Amsakar sebagai wakil merupakan keputusan banyak pihak, baik partai maupun pilihannya sendiri. Melalui pertimbangan yang cukup lama, akhirnya resmi diputuskan untuk memilih Amsakar.

“Memilih Amsakar itu perjuangannya setengah mati,” kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Batam ini.

Rudi mengungkapkan, awalnya ada dua birokrat yang sama-sama berpeluang mendampinginya maju pada pilwako Batam, yakni Amsakar dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Batam Jefridin. Nama-nama calon yang berpeluang mendampinginya tersebut kemudian dikombinasikan secara berpasangan, dan hasilnya Amsakar menempati elektabilitas tertinggi.

“Kalau saya dengan Jefridin lebih kurang 50 koma sekian persen, sedangkan saya dengan Amsakar 54 persen,” katanya.

Tidak hanya mengantongi dukungan dari Partai Demokrat, Rudi juga mengklaim telah mendapat dukungan resmi Partai Nasdem dan PKB. Kemudian partai lain seperti Partai Hanura, PPP, dan Partai Gerindra, kabarnya juga bakal merapat untuk berkoalisi mendukung pasangan Rudi-Amsakar.

Setelah ada kepastian dengan partai koalisi, pasangan ini segera dideklarasikan. Rencananya deklarasi akan dilaksanakan di Kantor Pemenangan Partai Demokrat di Komplek Ruko Ocarina Batam Center dengan menghadirkan ribuan masa pendukung.

“Kegiatan (deklarasi) akan digelar sebelum lebaran atau sekitar pertengahan bulan ini. Saat itu juga akan diserahkan surat keputusan dan rekomendasi dari partai untuk seluruh calon kepala daerah se-Kepri,” katanya.

Di tempat yang sama, Amsakar Achmad mengaku baru mengetahui pinangan Rudi secara resmi sekitar tiga hari lalu. Saat ini ia tengah menyiapkan berkas administratif pengunduran diri dari jabatannya sebagai Kepala Disperindag-ESDM Kota Batam.

“Pada prinsipnya saya siap melepas jabatan. Kita tunggu peraturan yang jelas apakah harus lepas PNS atau lepas jabatan,” ujarnya.

Disinggung kolaborasi kinerja serta kesesuaian visi dan misi antara dirinya dengan Rudi, Amsakar mengaku tak ada masalah. Pasalnya, selama ini ia kerap berdiskusi dengan Rudi terkait pekerjaan dan hal-hal strategis lainnya.

“Makanya selama lima tahun ini kami enjoy bekerja, beliau sebagai Wakil Wali Kota dengan kami yang berada di jajaran bawahnya,” bebernya. (R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *