Misi Ganda Pjs Gubernur

  • Whatsapp
Penyerahan Keputusan Mendagri tentang Penunjukan Pjs Gubernur di Kantor Kemendagri Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Jakarta, BatamEkbiz.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian telah menunjuk Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur di empat provinsi, salah satunya Kepri. Ada tugas utama para Pjs Gubernur tersebut, memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan damai dan aman dari penyebaran Covid-19.

Instruksi itu disampaikan Mendagri Tito dalam acara penyerahan Keputusan Mendagri tentang Penunjukan Pjs Gubernur di Kantor Kemendagri Jakarta, Jumat (25/9/2020). Acara itu dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara dan Gubernur Jambi. Sementara Gubernur Kalimantan Utara dan Gubernur Kepri hadir secara virtual.

Bacaan Lainnya

“Kemudian kepada rekan-rekan penjabat yang dilantik pada saat ini, saya minta betul setidaknya dua agenda utama ini bisa dijadikan pegangan yang harus dilakukan. Pertama adalah mengawal agar Pilkada ini bukan hanya sekadar aman, lancar, tertib, tapi bisa menemukan kepala daerah yang baik tapi lebih daripada itu,” katanya.

Di tengah masa pandemi, Mendagri juga meminta para penjabat tersebut menjadi motor. Para Pjs Gubernur harus bisa membuat Pilkada tidak menjadi media penularan Covid-19.

Baca juga: Bahtiar Pjs Gubernur Kepri

“Jadi ata 4M yang betul-betul harus diterapkan dalam Pilkada ini. Satu yang dilarang adalah kerumunan sosial, terutama kerumunan sosial yang tidak bisa menjaga jarak,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Mendagri telah menunjuk empat pejabat di lingkungan Kemendagri dan BNPP sebagai Pjs. Gubernur di empat provinsi yang akan menggelar Pilkada. Keempat Pjs Gubernur itu adalah Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar sebagai Pjs Gubernur Kepri, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni sebagai Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP Restuardy Daud sebagai Pjs Gubernur Jambi, dan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi sebagai Pjs Gubernur Kalimantan Utara. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *