Molor, RS Darurat Corona di Galang Ditargetkan Beroperasi Pekan Depan

Batam, batamekbiz.com – Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19 ditargetkan sudah dapat dioperasikan pada Senin, 6 April 2020 mendatang. Sebelumnya, RS ini ditargetkan beroperasi akhir Maret. Namun hingga sekarang masih ada fasilitas yang diselesaikan.

Kepastian beroperasinya RS Darurat pada pekan depan disampaikan langsung Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Pulau Galang, Rabu (1/4/2020). “Ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan,” ujarnya.

Jokowi mengakui, operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang mengalami keterlambatan sekitar empat hari dari target yang telah ditentukan. “Memang ada keterlambatan tiga empat hari. Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca,” kata Jokowi.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Batam dalam rangka meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 yang berada di Pulau Galang. Presiden dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekira pukul 10.00 WIB untuk menuju Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Dari Hang Nadim, Presiden langsung bergerak menuju lokasi RS Darurat di Pulau Galang, Kelurahan Sei Jantung, Kecamatan Galang, Kota Batam. Selepas kunjungan tersebut, Kepala Negara dan rombongan diagendakan untuk kembali menuju Jakarta dan tiba pada sore hari.

Turut serta dalam keberangkatan tersebut di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. (re)