Mulai Juli, Roro Bakal Layari Rute Telaga Punggur, Batam – Sei Salari, Bengkalis

Batam, BatamEkbiz.com – Kapal Roll On Roll Off (Roro) bakal melayari rute baru, Telaga Punggur (Batam) – Sei Salari (Bengkalis) pada Juli mendatang. Rute baru ini akan dilayani dua armada, KMP Lome dan KMP Citra Mandala Abadi.

Kedua kapal Roro ini memiliki daya tampung hingga 300 penumpang dan 19 kendaraan dengan berat per kendaraan maksimal 8 ton. Selain itu juga terdapat sejumlah fasilitas, seperti VIP Room, tempat tidur, bangku, dan tempat lesehan yang luas.

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam, Muhammad Firdaus mengatakan, rute baru Roro tersebut merupakan pengalihan dari rute sebelumnya, Telaga Punggur (Batam) – Mengkapan (Tanjung Buton). Rute sebelumnya tak bisa lagi beroperasi sejak September 2019 lalu, karena dermaga roboh.

“Saat ini masih menunggu izin operasional kapal. Jika sudah terbit, dalam waktu dekat kita usahakan dapat melayari rute baru,” ujarnya, Sabtu (20/6/2020).

Jadwal pelayaran diperkirakan bisa setiap hari, karena waktu yang dibutuhkan untuk penyeberangan rute baru ini sekitar 17 sampai 20 jam. Sedangkan untuk tarif penumpang dikisaran Rp 115 ribu per orang dan kendaraan pribadi untuk empat penumpang Rp 1.678.000.

Masing-masing pelabuhan keberangkatan dan tujuan juga akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelayaran tersebut. Di antaranya menjaga jarak antar penumpang, menggunakan masker, tempat mencuci tangan, hingga cek poin untuk prosedur Covid-19. (re)