NAM Air Rute Jakarta – Natuna Dukung Konektivitas Pulau Terluar
Penerbangan perdana NAM Air rute Jakarta - Natuna mendarat di Bandara Natuna, Sabtu 20 November 2021.

BatamEkbiz.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi penambahan rute baru NAM Air, Jakarta – Natuna mulai Sabtu 20 November 2021. Penerbangan ini dapat mendukung konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, dari dan ke Kabupaten Natuna sebagai salah satu pulau terluar.

Saat ini NAM Air baru menjadwalkan penerbangan satu kali dalam seminggu, tepatnya di hari Sabtu. Untuk melayani penerbangan rute baru Jakarta – Natuna, NAM Air mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-500.

Penerbangan perdana rute Jakarta – Natuna via Batam oleh NAM Air saat ini merupakan penerbangan charter.

Jadwal keberangkatannya pukul 08.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan tiba di Natuna pukul 11.20 WIB. Sedangkan dari Natuna berangkat pukul 12.05 WIB dan tiba di Jakarta pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Natuna Punya Potensi Jadi Lumbung Ikan Nasional

Sebelumnya, Bandara Natuna telah melayani penerbangan rute Batam – Natuna sembilan kali dalam seminggu dengan maskapai Wings Air.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyambut positif penerbangan perdana maskapai NAM Air mulai 20 November tersebut. Ia mengingatkan agar NAM Air tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan.

“Serta, unsur penting dalam menjamin kesehatan pengguna jasa transportasi udara, terutama dalam mencegah penularan Covid-19,” ujarnya, Minggu 21 November 2021.

Kepala Bandara Natuna Gatot Riadi menjelaskan, NAM Air dengan nomor registrasi PK-NAM telah mendarat di Bandara Ranai Natuna pukul 11.30 WIB dalam penerbangan perdana.

Baca juga: NAM Air Mulai Layani Penerbangan Jakarta – Natuna via Batam

“Dengan membawa 115 penumpang dari Jakarta, setelah transit di Batam,” katanya.

Pesawat kemudian balik menuju Jakarta pukul 12.55 WIB dengan membawa 93 penumpang dengan terlebih dahulu transit di Batam. Semua proses keberangkatan dan kedatangan melewati tahap pemeriksaan administrasi dan protokol kesehatan.

“Terutama, untuk mencegah penularan Covid-19,” ucapnya. (mad)