Operasional Bisnis IndosatM2 Berhenti Akhir November, Ini Penjelasan Kominfo
Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengungkapkan rencana pemberhentian operasional bisnis IndosatM2.

BatamEkbiz.com – IndosatM2 (IM2) akan berhenti beroperasi secara total pada akhir November 2021. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengungkapkan hal itu dalam siaran persnya, Kamis 25 November 2021.

“Kondisi IM2 secara teknis, SDM, dan keuangan sudah tidak dapat beroperasi. IndosatM2 akan berhenti total pada akhir November 2021. Informasi serupa telah dilaporkan kepada pemegang saham IM2,” katanya.

Penghentian operasional bisnis ini merupakan tindak lanjut atau eksekusi Putusan Mahkamah Agung No. 787 K/PID.SUS/2014 tertanggal 10 Juli 2014 oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan terhadap PT IM2.

Menurut Dedy, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan IM2 pada 20 November 2021 lalu. Pertemuan itu membahas rencana penghentian operasional IM2, terkait adanya masalah teknis, SDM, dan keuangan.

Lebih lanjut Juru Bicara Kominfo menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, pihak IM2 telah menyerahkan rencana mitigasi terhadap eksekusi Putusan MA 787/2014.

Rencana tersebut meliputi upaya perlindungan konsumen, komunikasi, dan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk Kementerian dan Lembaga yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kementerian Kominfo menghormati pelaksanaan Putusan MA 787/2014, dan mengingatkan kepada IM2 untuk memastikan pemenuhan kewajiban yang diatur oleh peraturan perundang-undangan secara serius dan seksama,” jelasnya.

Kominfo dipastikan akan mengawal proses penghentian kegiatan operasional bisnis IM2 agar tetap memperhatikan ketentuan perlindungan konsumen dan ketentuan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, sehubungan dengan eksekusi tersebut.

Selain itu, para pemegang saham diminta untuk membantu pengalihan dan pemenuhan hak pelanggan yang saat ini jumlahnya mencapai 50.000 orang.

“Pengumuman terkait perlindungan pelanggan IM2 akan disampaikan oleh Indosat sebagai pemegang saham IM2,” imbuhnya.

Menurut Juru Bicara Kominfo, IM2 menegaskan komitmennya untuk melakukan upaya terbaik dalam melindungi kepentingan pelanggan layanan Indosat GIG dan layanan IM2 lainnya, serta mematuhi peraturan perundang-undangan terkait.

Baca juga: Indosat Tawarkan MPWR, Gaya Hidup Generasi Digital

“Kementerian Kominfo akan terus mengevaluasi dan memantau pelaksanaan penghentian kegiatan operasional bisnis IM2 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya. (re)