Pansus Ranperda Produk Halal Kunjungi DPRD Jabar

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Menggesa penyelesaian pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Batam melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada awal Mei 2017.

Ada sejumlah anggota Pansus yang berangkat kunker. Di antaranya Aman, Djoko Mulyono, Rohaizat, Fauzan, Safari Ramadhan, Idawati Nursanti, Ruslan, Harmidi, Eki Kurniawan, Ides Madri, Riky Inrakari, Suardi Tahirek, dan lainnya. DPRD Jabar dipilih sebagai tempat studi banding, karena telah menerapkan Perda Pembinaan dan Pengawasan Barang Higienis dan Halal lebih dulu.

Ketua Pansus Ranperda Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis DPRD Batam, Aman menjelaskan, selain sudah lebih dulu mempunyai produk perda terkait halal, Jawa Barat juga punya kesamaan seperti Batam.

“Secara kota, antara Jawa Barat dan juga Bandung tentunya, dengan Kota Batam, secara tipologi kota dan juga heterogenitas penduduk serta permasalahan yang ada, itu hampir sama,” katanya, Senin 1 Mei 2017.

Kehadiran rombongan Pansus Ranperda Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis DPRD Batam diterima langsung Ketua BP Perda DPRD Provinsi Jawa Barat Habib Syarif Muhammad. Syarif mengapresiasi kunjungan kerja yang dilakukan Pansus DPRD Batam.

“Mereka dengan kekuatan penuh, pansusnya hampir 20 orang lebih, khusus untuk melakukan studi komparasi berkaitan dengan perda halal. Walaupun kesadaran tersebut tampaknya agak sedikit lambat, namun kita hargai juga,” katanya.

Jawa Barat sudah menerapkan Perda tentang Pengawasan Produk Halal dan Higienis sejak 2015. Perda Nomor 13 Tahun 2015 tesebut terdiri dari 12 bab dan 40 pasal yang kewenangannya terdapat di tingkat provinsi. (R04)