Pantai Setokok Jadi Start Gowes Wisata di Batam

  • Whatsapp
Gowes Wisata Batam
Pjs Walikota Batam Syamsul Bahrum membuka Gowes Wisata di Batam, Minggu (1/11/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Pantai Setokok dipilih sebagai titik awal (start) program Gowes Wisata, Minggu (1/11/2020). Selanjutnya, salah satu dari kegiatan utama Wisata New Normal Batam 2020 ini akan digelar di Pantai Melayu, Pantai Sembulang, dan Pantai Elyora.

“Kami mendukung penuh program Gowes Wisata di empat pantai di Batam oleh Karang Taruna Galang ini,” ujar Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan jadwal, rangkaian kegiatan yang dimulai dari Pantai Setokok ini akan dilanjutkan di Pantai Melayu pada 8 November. Kemudian di Pantai Sembulang pada 15 November dan Pantai Elyora pada 22 November.

“Rangkaian kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Selain mempererat silaturahmi, juga menyehatkan. Ditambah Lomba Jong pada aspek penguatan budaya,” kata Syamsul.

Ia menyebutkan kegiatan ini dengan community based tourism atau berbasis masyarakat. Terkhusus gowes, menurut Syamsul, selain menyehatkan sekaligus menjadi ajang silaturahmi juga dapat memberikan sumbangsih ekonomi bagi masyarakat.

Baca juga: Pulau Pengalap Diusulkan Jadi KEK Pariwisata

“Kegiatan ini berdimensi ekonomi, dengan menghadirkan 300-an pesepeda yang akan wisata sambil olahraga atau sport tourism di daerah berbasis ekonomi anak tempatan. Sengaja dipilih tempat-tempat ini untuk ikut menggerakkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Syamsul berjanji akan menghadiri semua rangkaian kegiatan Wisata New Normal 2020 ini. Disamping itu, ia berharap rangkaian kegiatan ini dapat juga terselenggara di pantai-pantai termasuk di pantai yang dikelola oleh pihak swasta dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Saya lihat tadi kegiatannya sangat memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Masker, pengecekan suhu tubuh dan lain-lain. Kita tentu, selain mendukung aktivitas yang bermanfaat juga terus mengimbau agar protokol kesehatan ini dapat dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya. (r)